Optimalisasi Sistem Imunitas Tubuh di Masa Adapatasi Kebiasaan Baru

Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang untuk pertama kalinya menggelar kegiatan seminar secara online (webinar) melalui aplikasi Zoom dan Streaming Youtube (15/8). Pada kesempatan kali ini, Himpunan Mahasiswa ( HIMA ) Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang dengan tema webinar yaitu “Optimalisasi Sistem Imunitas Tubuh di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, Imun Meningkat COVID-19 Minggat!”. Kegiatan ini sebagai wujud visi misi HIMA Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang yaitu Mewujudkan HIMA Prodi D3 Keperawatan FKEP UNEJ-Kampus Lumajang 2020 yang proaktif memberi aksi nyata dalam mengukir karya untuk Prodi, FKEP, UNEJ dan Indonesia.

Kegiatan webinar ini merupakan suatu cara penyampaian informasi kepada masyarakat umum terkait dengan pengoptimalan imunitas tubuh untuk mencegah tertularnya COVID-19 serta bertujuan untuk menambah wawasan dan juga pengetahuan masyarakat. Kegiatan yang digelar secara daring ini dimulai dari pukul 09.00 – 11.45. Antusias para peserta sangat tinggi, sebanyak 1000 orang ikut serta dalam kegiatan seminar ini, hal ini menunjuk kan tinggi nya antusias masyarakat.

Kegiatan seminar ini dibuka oleh Ibu Nurul Hayati S.Kep., M.M selaku Kaprodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Saya sangat mengapresiasi kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh HIMA ditengah-tengah pandemi COVID-19, saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan seminar ini bisa menambah wawasan kita serta menerapkannya guna mengurangi penyebaran virus COVID-19 ini sehingga pandemic segera berakhir” ujarnya.

Pada kegiatan webinar HIMA Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menghadirkan narasumber yang sangat luar biasa yaitu Dr. Joko Suwito, S.Kp., M.Kes yang berasal dari Program Studi DIV Keperawatan Gadar Poltekkes Kemenkes Surabaya, serta dua dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang yaitu Bapak Zainal Abidin, S.Pd., S.Kep., M.Kes serta Achlish Abdillah, S.ST., M.Kes

Sesi Foto Bersama Ibu Kaprodi dan Ketiga Narasumber

Dari webinar ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan imunitas tubuh dikala masa pandemi seperti ini sangat diperlukan guna untuk menjaga pertahanan tubuh dalam mencegah terserangnya berbagai virus. Imunitas tubuh yang baik dapat diperoleh bila kondisi fisik dan psikis yang sehat dikarenakan tubuh akan membentuk antibody secara alamiah. Pola hidup harus senantiasa diperhatikan untuk meningkatkan kualitas imun dalam tubuh. Serta melalui konsumsi makanan atau minuman herbal sebagai boster peningkatan imun dan untuk meningkatkan imun ditatanan komunitas melalui perlunya penerapan komunikasi yang terapeutik dan efektif dimasyarakat dalam mencegah stigma adanya COVID-19