“WHEN A NURSE BECOME ENTREPRENEURSING”

Hampir semua negara mengalami krisis ekonomi akibat pandemi covid-19. Namun peluang berwirausaha tetap tersedia. Perawat selain sebagai garda terdepan dalam penanganan covid-19 masih saja berkesempatan mengembangkan sayapnya melalui kegiatan berwirausaha. Rabu tanggal 19 Agustus 2020 Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember kampus Lumajang menggeber webinar agronursing Pamungkas dengan topik “When A Nurse Become Entrepreneursing”. Dilaksanakan secara daring dengan konsep virtual talkshow webinar ini berhasil menyedot perhatian 1754 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dan luar negeri (Jepang), tergabung melalui zoom dan youtube fakultas keperawatan Universitas Jember.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, Dekan Fakultas Keperawatan, Ns. Lantin Sulistyorini,S.Kep.,M.Kes  berkenan menutup webinar pamungkas dengan menyampaikan pesan bahwa perawat itu multi-talent. Perawat bahkan disebut sebagai malaikat tak bersayap karena dedikasinya yang sangat tinggi dalam bidang kesehatan dan kemanusiaan, apalagi dalam masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Namun disisi lain perawat masih bisa melipatgandakan kesuksesannya melalui jalur wirausaha dengan ber-entrepreneursing.

Gambar: Dari kiri kekanan Ketua panitia, Wakil Dekan 1, Ibu Dekan, Koordinator Prodi D3 kampus Lumajang, Dr. Mustofa Haris via zoom dan narasumber 3 Ns. R Endro Sulistyono usai kegiatan ceremonial

Menghadirkan tiga narasumber yang expert di bidangnya, digawangi oleh moderator yang piawai merangkai kata dan mengolah rasa, Ns. Rizeki Dwi Fibriansari ,S.Kep.,M.Kep, sehingga waktu dua jam yang disediakan seolah masih kurang. Perawat dan owner usaha ritel Anna Mart, Anna laundry and bakery, pengiriman logistic express, direktur rumah sakit dan klinik sekaligus Dosen dan ketua STIKES Ngudia Husada Mulia Bangkalan Madura, Dr. Mustofa Haris sebagai narasumber pertama bergabung secara daring melalui zoom mengupas tuntas Jurus Jitu Menjadi Nursepreneur Sukses. Malang melintang dalam dunia keperawatan dan bisnis tentunya tidak diragukan lagi materi yang bliau sampaikan ini mampu membangkitkan motivasi bagi perawat di seluruh Indonesia dan luar negeri untuk keluar dari zona nyamannya tanpa meninggalkan passion-nya sebagai pemberi pelayanan untuk mengembangkan sayapnya di bidang kewirausahaan.Motivasi positif terus digulirkan bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

Gambar: Dr. Mustofa Haris membagikan jurus jitu menjadi nursepreneur kepada seluruh peserta

Tidak kalah mencorong Koordinator Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas jember kampus Lumajang, sekaligus pemilik usaha apotek, SPBU dan penulis buku kewirausahaan, Ns. Nurul Hayati,S.kep.,MM, sebagai narasumber kedua, mengajak seluruh peserta webinar agronursing pamunngkas dengan Mencetak Lulusan Yang Berjiwa Entrepreneur. Perawat harus berani mencoba hal baru namun tetap memegang teguh nilai keagamaan. Dengan mengasah kemampuan otak kanan, perawat diharapkan mempunyai pola pikir sebagai pekerja keras, pantang menyerah, optimis, berfikir positif, kreatif, inovatif dan selalu berfikir out of the box.

Di era new normal, revolusi industry 4,0 dan gebrakan merdeka belajar membuat kaum milenial semakin nampak cemerlang luar biasa. Mewakili generasi digital, Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember kampus Lumajang sekaligus owner Radendro Art and Design, Ns. R. Endro Sulistyono,S.Kep.,M.Kep membius seluruh peserta dengan kepiawaiannya menyampaikan materi yang unik yaitu Perjuangkan Peluang Melalui Penuangan Kreatifitas Di Ruang Digital. Narasumber ketiga ini menyampaikan bahwa pandemi covid -19 memasuki era new normal baru membiasakan yang tidak biasa untuk hidup dan bersahabat dengan teknologi. Lebih bombastisnya lagi aktivitas digital ini menyasar seluruh lapisan masyarakat. Kreatifitas adalah salah satu kunci sukses entrepreneur, banyak peluang usaha dalam bidang desain grafis tinggal kita mau atau tidak berusaha keras dan mewujudkan mimpi tanpa meninggalkan jati diri bahwa kita adalah perawat.

Gambar: Ns. R Endro Sulistyono,M.Kep menjelaskan mata rantai perubahan yang bisa mengubah insan biasa menjadi luar biasa

Webinar pamungkas ini menjadi lebih spesial dengan dibagikannya doorprise buku yang sangat fenomenal dengan judul “Kewirausahaan dan Bisnis Untuk Keperawatan” dan iringan band “Agroustic”. Walaupun dikemas apik dalam virtual talkshow namun peserta masih diberikan kesempatan mengobati dahaganya dengan bertanya secara live zoom dan live chat youtube, yang terwakilkan oleh Widodo,A.Md.Kep live dari Jepang dan beberapa pertanyaan yang lainnya.

Perwakilan peserta mengungkapkan kepuasan dan takjub hingga kegalauannya tentang dunia per-entrepreneuran terobati dengan webinar pamungkas series 4 ini, kedepannya mereka menantikan selalu webinar yang dihelat oleh Prodi D3 Fakultas Keperawatan Universitas Jember kampus Lumajang. Salam sukses-salam sntrepreneursing. Red (19/8/20).