Webinar Agronursing Series 3 Fakultas Keperawatan Universitas Jember : Manajemen SDM Keperawatan di Rumah Sakit Pada Masa Pandemi COVID-19

Jember – Kamis (18 Juni 2020) telah diselenggarakan webinar series 3 oleh Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Pada webinar ini diisi oleh kelompok keilmuan Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar yang memiliki topik “Manajemen SDM Keperawatan di Rumah Sakit pada masa Pandemi Covid-19”. Webinar ini diisi oleh 3 pemateri, yaitu Ns. Nurfika Asmaningrum, M.Kep., Ph.D., Ns. Ahmad Rifai, M.S., Ns. Supyono, M.Kep., Serta di pandu oleh moderator Ns.Dicky Endrian Kurniawan, M.Kep. dan Ns. Retno Purwandari, S.Kep., M.Kep. sebagai notulen

Webinar ini disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom dan youtube Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Acara tepat dimulai jam 10.00 WIB dan di akhir I jam 12.04 WIB. Topik yang di bawakan oleh pemateri 1 (Ns.Nurfika) berjudul “Peran SDM Keperawatan dalam Perawatan Bermartabat Pasien Covid-19 di Rumah Sakit”. Beliau menyinggung bahwa pentingnya perawatan yang bermartabat guna meningkatkan derajat kesehatan pasien, apalagi yang positive Covid-19.

Pemateri 2 (Ns.Rifai) menyinggung topik tentang “Upaya Perawat dalam Meningkatkan Asuhan Keperawatan Pada Pandemi Covid-19 Melalui Kolaborasi Interprofesi di Rumah Sakit”. Beliau memaparkan pentingnya kolaborasi antar profesi untuk merawat pasien. Pada perawatan pasien, tidak bisa jika hanya satu profesi saja, diperlukan kolaborasi antar profesi untuk menyempurnakan proses perawatan. Pada kolaborasi interproesi ini, juga perlu dikenalkan sedini mungkin, ketika masih dalam tahap Pendidikan yang sering disebut dengan Interprofesional Education (IPE).

Pemateri 3 (Ns.Supyono) membahas tentang topik “Pengelolaan SDM Keperawatan selama Pandemi Covid-19”. Beliau menjelaskan bagaimana kesiap-siagaan perawat dalam menanggulangi permasalahan Covid-19 ini. Perawat merupakan profesi yang penting dalam ikut membantu untuk merawat pasien yang positif covid. Mekanisme perawatan pasien yang positif Covid-19 berbeda daripada pasien lainnya. Hal yang terpenting untuk petugas medis yaitu Alat Pelindung Diri yang memadai, sehingga resiko tertular menjadi kecil. Beliau juga menekankan bahwa sebagai perawat harus paham tentang mekanisme dan prosedur pelayanan dari pasien, yang berarti juga bisa tepat dan sesuai sasaran dalam pelayanan.

Semoga dengan terselenggaranya webinar series 3 ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ilmunya barokah, serta semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Aamiin YRA. (alfid)

Materi pembicara dalam webinar agronursing series 3 dapat didownload melalui tautan berikut ini:

AHMAD RIFAI _ INTERPROFESSIONAL COLLABORATION _ Webinar Agronursing ke 3 FKep UNEJ_2020

NURFIKA ASMANINGRUM _ DIGNIFIED CARE _ Webinar Agronursing ke 3 FKep UNEJ_2020

SUPYONO _ Pengelolaan SDM Keperawatan selama Pandemi Covid 19 _ Webinar Agronursing ke 3 FKep UNEJ_2020

Link Streaming …

Berikut Link Sertifikat Untuk Peserta Umum:

https://drive.google.com/drive/folders/13MUWl1WAInlWSC4k3dMGCcS1jdPmbPyr?usp=sharing