1ST UNIMAS INTERNATIONAL NURSING STUDENTS CONFERENCE IN CONJUNCTION WITH 10TH INTERNATIONAL NURSING STUDENTS FORUM 2019 (A VOICE TO LEAD: HEALTH IS A HUMAN RIGHT)

Jember – Selasa (12/3), tepat pukul 16.00 WIB tim poster presentation dan oral presentation Fakultas Keperawatan Universitas Jember tiba dengan selamat di Kota Jember seusai menjalani serangkaian acara 1st UNIMAS International Nursing Students Conference In Conjunction With 10th International Nursing Students Forum 2019 yang bertempat di DeTAR PUTRA, Sarawak, Malaysia. University Malaysia Sarawak selaku tuan rumah dalam acara ini menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai forum bagi seluruh mahasiswa keperawatan di seluruh dunia serta ajang konferensi mahasiswa keperawatan se-dunia. Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini diselenggarakan pada tanggal 8 – 12 Maret 2019 dan dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang berasal dari berbagai Negara dan institusi, salah satunya adalah Fakultas Keperawatan Universitas Jember.

            Fakultas Keperawatan mengirimkan tujuh putra-putri terbaiknya sebagai wakil diajang internasional ini. Mereka adalah Lutfian (2017), Nurul Hidayah (2016), Diniar Rizqi Perwita (2018), Anggi Sulistiyani (2015), Irsalina Nabilah Ali (2016), Olifia Nafa Jelita (2017), dan Nadya Rahmania Narastiti (2016). Berbagai seleksi telah mereka lalui sebagai langkah awal dalam perjalanan mereka. Seleksi tahap awal merupakan seleksi administrasi yang meliputi pengumpulan motivation letter, sertifikat toefl dengan skor >450, serta paper yang seluruhnya dituliskan dalam bahasa Inggris. Setelah melalui seleksi administrasi, pada tanggal 10 Februari dilakukanlah tes wawancara bagi mereka yang lolos tahap seleksi administrasi. Setelah melewati tes wawancara, maka terpilihlah tujuh putra-putri terbaik yang akan mewakilik Fakultas Keperawatan Universitas Jember.

        Perjalanan mereka berlanjut pada Jumat (8/3). Mereka berangkat menuju Bandar Udara Banyuwangi pukul 03.00 dini hari dan melakukan penerbangan ke Kuala Lumpur pukul 08.20 WIB. Sesampainya di Kuala Lumpur, mereka masih harus melakukan penerbangan ke Sarawak, Malaysia dengan waktu tempuh 1 jam. Mendarat pukul 11.20 waktu Sarawak, mereka langsung disambut oleh dua panitia konferensi yang nantinya akan menemani mereka berkeliling ke daerah sekitar. Malam harinya, mereka ditemani dua orang panitia pergi membeli berbagai kebutuhan selama mereka di Sarawak.

       Sabtu (9/3), kegiatan dimulai pada pukul 07.00 waktu setempat. Agenda kegiatan pada tanggal ini adalah International Nursing Students Conference yang berlangsung hingga pukul 15.00 waktu setempat. Malam harinya, seluruh peserta diundang untuk menghadiri Gala Dinner yang diisi dengan perjamuan berbagai hidangan khas Malaysia. Tak hanya perjamuan, namun juga diadakan acara sharing culture yang bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya masing-masing Negara. Fakultas Keperawatan Universitas Jember diwakili oleh Olifia Nafa Jelita (2017), tampil membawakan Tari Gandrung yang merupakan tarian asal Banyuwangi.

          Hari terakhir acara berlangsung pada Minggu, (10/3) yang diisi oleh presentasi dari para peserta Poster Presentation dan Oral Presentation yang berakhir pada pukul 15.00 waktu setempat. Pada kesempatan kali ini, Tim dari Fakultas Keperawatan Universitas Jember belum berhasil membawa pulang gelar juara. Ditemui dalam sesi wawancara, Lutfian (2017), selaku salah satu perwakilan Fakultas Keperawatan Universitas Jember menuturkan bahwa ia dan teman-temannya akan berusaha membawa pulang gelar juara di tahun mendatang. Menjelang hari kepulangan, mereka menyempatkan diri untuk sedikit memanjakan diri dengan berjalan-jalan mengelilingi wilayah sekitar sebelum akhirnya terbang kembali menuju Jember pada pukul 07.00 pagi waktu Sarawak.

[ Source By : http://zoners.fkep.unej.ac.id/ ]

Leave a Reply