Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Jember Ikut Program Short Course Health Sciences di Faculty of Health and Life Sciences, Coventry University di United Kingdom

07/12/2018, Ns. Tantut Susanto, M.Kep., Sp.Kep.Kom., Ph.D salah satu staf dosen di Fakultas Keperawatan Universitas Jember terpilih sebagai salah satu peserta untuk mengikuti Program Short Course Bidang Health Sciences dengan tema “Health System for Indonesia” di Coventry University, United Kindgdom selama 3 minggu dari tanggal 14 November hingga 2 Desember 2018. Program ini diselenggarakan oleh Kementererian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Direktorat Karier dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti dalam upaya mendukung peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM di lingkungan Kemenristekdikti.

Program short course bidang health sciences ini diikuti oleh 24 orang dosen yang terpilih dari seluruh dosen di lingkungan Kemenristekdikti yang terdiri dari beberapa disiplin bidang kesehatan, yaitu dokter, perawat, bidan, apoteker, kesehatan masyarakat, dan analis kesehatan. Program ini diselengarakan oleh Kemenristekdikti dengan beberapa tujuan, yaitu: (1) Dipahaminya prinsip dasar Universal Health Coverage; (2) Peingkatkan pengetahuan dan wawasan dosen tentang teori dan praktik/keterampilan baru dengan topik yang berkaitan dengan “Universal Health Coverage” dengan materi kursus: Health system, Health Insurance, Economic Evaluation, Health Policy; (3) Evaluasi cakupan kesehatan universal saat ini di Indonesia sebagai perbandingan antara Inggris dan Indonesia; (4) Evaluasi dan pengembangan kebijakan dan rekomendasi praktis tentang bagaimana meningkatkan cakupan kesehatan nasional di Indonesia dan untuk menutup kesenjangan deficit; dan (5) Berlatih menulis untuk publikasi dalam jurnal internasional.

Short course bidang health sciences dengan tema Universal Health Coverage di Faculty of Health and Life Sciences, Coventry University ini difasilitasi oleh Prof. Guy Daly selaku Executive Dean of the Faculty of Health and Life Sciences dan Mr. Adam Layland, MCPara MIHM MCMI FInstLM FHEA DipHE PGCAPHE MSc selaku Senior Lecturer in Leadership and Management, School of Nursing, Midwifery and Health di Faculty Research Centre for Innovative Research Across the Life Course. Kegiatan short course meliputi berbagi pengalaman tentang program universal health coverage di Inggris yang sangat baik di dunia yang dikenal dengan National Health System (NHS), selain itu kegiatan juga dilakukan visit ke bebrapa center pelayanan kesehatan dan social yang bekerja sama dengan NHS di Coventry and Birmigham, United Kingdom.

Ners Tantut Susanto mengatakan untuk mengikuti program ini diperlukan beberapa persyaratan, yaitu kita harus memiliki skor nilai TOEFL ITP/IELTS yang dipersyaratkan oleh Kemenristekdikti, adanya draft manuskrip yang akan disubmit ke jurnal international dan drfat proposal penelitian yang akan dilakukan di Indonesia dengan tema Universal Health Coverage. Lebih lanjut, Ners Tantut menyampaikan bahwa Kemenristekdikti menetapkan luaran yang harus dicapai dari kegiatan ini, antara lain: adanya perencanaan penelitian dengan topik yang berkaitan dengan “Universal Health Coverage”, terpublikasikan artikelnya pada Jurnal internasional bereputasi, dan adanya mitra kerjasama penelitian untuk draft proposal yang dimiliki.

Lebih lanjut, Ners Tantut sebagai bagian dari tim di Klinik Publikasi LP2M Universitas Jember ini mengatakan selama mengikuti program short course ini telah menyelesaikan satu manuskrip dan mensubmitnya ke salah satu jurnal international. Kemudian Ners Tantut juga telah mendapatkan kepakatan bersama dengan staf di Faculty of Health and Life Sciences, Coventry University untuk melakukan kerja sama dalam menulis publikasi hasil penelitian dan kerja sama dalam pengembangan rencana penelitian antara Fakultas Keperawatan Universitas jember dengan Faculty of Health and Life Sciences, Coventry University. Draft kerja sama kedua belah pihak (Memorandum of Understanding/MoU) tersebut saat ini telah dipelajari pihak Faculty of Health and Life Sciences, Coventry University untuk tindak lanjut rencana berikutnya di kemudian hari.

Dalam draft MoU tersebut disebutkan beberapa bentuk kerja sama yang diharapkan, yaitu exchange of students, exchange of teaching and research personal, collaboration in research projects, dan other necessary exchanges between two institutions. Ners Tantut memiliki harapan agar hasil Program Short Course Bidang Health Sciences dengan tema “Health System for Indonesia” di Coventry University, United Kindgdom dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan Universitas Jember, terutama dalam pengembangan pendidikan dan penelitian dari lima fakultas kesehatan di lingkungan Universitas Jember (Keperawatan, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, dan Kesehatan Masyarakat).

 

Leave a Reply