PSIK UNEJ SUKSES MELAKSANAKAN TRY OUT UJI KOPETENSI NERS INDONESIA

DSC_1462

DSC_9278

Setelah di percaya sebagai koordinator AIPNI Jawa timur bagian Timur (Jember, Lumajang, Probolinggo, situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi) PSIK Universitas Jember siap mengemban amanah melaksanakan Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) yang Insyaallah akan di laksanakan pada bulan Juli 2015 hal ini diawali dengan Try Out Uji Kompetensi Ners Indonesia (TO UKNI) yang digelar, tanggal 2 Mei 2015 pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB kegiatan ini berlangsung yang ke dua kalinya sejak awal dilakukan pada tahun 2013 lalu.

Adapun tujuan dari Try out ini nantinya sebagai alat benchmarking untuk menilai institusi pendidikan ners Indonesia, juga sebagai pertimbangan dalam menyusun strategi belajar yang lebih baik serta dapat menurunkan kecemasan mahasiswa saat menghadapi uji kompetensi yang sesungguhnya.

Selain untuk menilai institusi Uji Try Out NERS 2015 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan NERS dengan menggunakan uji kompetensi berskala nasional, mempersiapkan bank soal uji kompetensi yang handal untuk tahun-tahun kedepan, mengetahui kemampuan lulusan NERS, serta mempersiapkan Institusi dan peserta/mahasiswa untuk menghadapi ujian kompetensi NERS yang berskala Nasional .

Adapun Tempat pelaksanaan ujian try Out ini di Fakultas Kedokteran Universitas Jember yang telah meiliki fasilitas dari Project HPEQ (Health Profesional Education Quality)-Dikti memberikan kepercayaan kepada PSIK Unej untuk menyelenggaraan try out uji kompetensi ners secara mandiri.

Para peserta yang mengikuti ujian ini tidak kurang dari 154 peserta dengan rincian PSIK Universitas Jember sebanyak 75 peserta dan FIKES Universitas Muhammdiyah Jember sebanyak 79 peserta sedangkan dari STIKES di wilayah besuki Raya  masih belum ada yang mengikuti. Try Out kali ini di utamakan Untuk mengurangi tingkat kesalahan maka sebelum waktu ujian Try Out dilaksanakan pembekalan lebih dahulu oleh Panitia Pusat bagi para peserta uji Try Out .

Sedangkan Pengawas Pusat Try Out pada hari ini adalah Ns. Dodi Wijaya, S.Kep.M.ep  dari PSIK Universitas Jember dan di bantu oleh pengawas lokal yaitu Ns.Rondyanto.S.Kep.M.Kep dan Ns.Waniyah, S.Kep.M.Kep di bantu oleh Tim Teknis dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember

Berdasarkan Surat Keputusan No. 011/PUK-Nas/II/2015 tanggal 9 Februari 2015 tentang hasil uji kompetensi mahasiswa program profesi ners yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Desember 2014, didapatkan hasil bahwa peserta UKNI yang berasal dari PSIK Universitas Jember dinyatakan lulus 100%.

Hal ini merupakan suatu pencapaian yang patut diapresiasi. Pasalnya seluruh peserta dari PSIK Universitas Jember mengikuti try out UKNI terlebih dahulu. Dengan kelulusan ini, maka seluruh ners PSIK Universitas Jember mendapatkan sertifikat kompetensi yang merupakan syarat wajib dalam proses pengajuan STR (Surat Tanda Registrasi) selain ijazah kelulusan.

Ns.Lantin Setyorini, S.Kep.M.Kes Sebagai ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember mengucapkan Selamat dan sukses atas partisipasi dari semua Panitia dan peserta Try Out Uji Kompetensi Perawat yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember. Selanjutnya Try Out Uji Kompetensi Perawat  akan  menjadi gambaran bagi Ners alumni PSIK Unej dalam menghadapi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi Uji Kompetensi Perawat yang dilaksanakan oleh panitia UKNI pusat.

Kami berharap semua peserta Try Out Uji Kompetensi Perawat dapat menjadikan hasil yang sudah dicapai sebagai motivator dan meningkatkan spirit berlajar. Akhirnya, semoga dapat menyelesaikan pendidikan Saudara di kampus masing-masing dan Lulus di Uji Kompetensi yang berbasis Computer Base Test (CBT).

(satar)

Leave a Reply