Pelaksanaan Profesi Ners di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Bondowoso

Bondowoso (30/3/2018) Telah dilaksanakan acara penutupan Pendidikan Profesi Ners Stase Keperawatan Gerontik Fakultas Keperawatan, Universitas Jember Angkatan 21, yang mana profesi stase gerontik ini dimulai pada tanggal 19 Maret 2018 sampai dengam 30 Maret 2018. Acara ini dihadiri perwakilan dari kepala UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Kabupaten Bondowoso yaitu bapak Mahadi beserta para staff dan karyawan UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Bondowoso.

Acara ini dimulai pukul 10.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan perwakilan mahasiswa Profesi Ners 21. Sambutan yang disampaikan berupa ucapan terimakasih atas apa yang telah UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha berikan kepada mahasiswa Profesi Ners 21. Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan presentasi hasil pengkajian selama praktik di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Bondowoso.

Pengkajian yang dilakukan berupa pendataan karakteristik lansia (jenis kelamin, umur, suku dan pendidikan terakhir), tingkat kemandirian, fungsi kognitif dan mental serta status kesehatan. Dari 86 lansia yang tinggal di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Bondowoso, sebanyak 64 lansia yang bisa dikaji yang tersebar diseluruh wisma yang ada. Data hasil pengkajian adalah sebagai berikut:

Terdapat 38 lansia laki-laki dan 26 lansia perempuan, dan beberapa data sekunder yang mahasiswa presentasikan, setelah mempresentasikan hasil data, dilanjutkan sesi diskusi untuk rencana tindak lanjut yang dilakukan setelah dua minggu melakukan implementasi untuk mengatasi masalah kesehatan yang terjadi dan melakukan implementasi sesuai dengan masalah yang ada.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan oleh mahasiswa profesi ners 21. Mahasiswa menyampaikan sangat berkesan selama praktik di UPT Pelayanan Sosisal Tresna Werdha Bondowoso. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang didapatkan disana, yang mana memiliki berbagai latar belakang mengapa lansia tersebut berada di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Bondowoso.

Selain dari mahasiswa, perwakilan dari lansia juga menyampaikan pesan dan kesan kepada mahasiswa Profesi Ners 21 dan seluruh staf UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Bondowoso. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan kembali mahasiswa oleh UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha kepada Fakultas Keperawatan, Universitas Jember. UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha sangat berterima kasih atas bantuan dan dukungan dari mahasiswa Profesi Ners 21 untuk membantu para lansia agar mandiri dalam memenuhi aktivitas sehari-hari (Fajar).

Leave a Reply