Profesionalisme Perawat Sebagai Garda Terdepan dalam Penanganan COVID-19

Jember – Jumat (26/07), Fakultas Keperawatan Universitas Jember mengadakan Nursing Webinar Series yang diisi oleh dua pemateri, yaitu Ns. Alfid Tri Afandi, S.Kep., M.Kep. dan Ns. Dian Wahyu Pribadi, S.Kep. Webinar kali ini mengangkat tema “Profesionalisme Perawat Sebagai Garda Terdepan dalam Penanganan Covid-19” melalui live streaming zoom dan youtube. Nursing Webinar Series yang dipandu oleh moderator, Ns. Akhmad Zainur Ridla, S.Kep., MAdvN., merupakan kegiatan ke-4 dari serangkaian kegiatan Peringatan Dies Natalis Fakultas Keperawatan Universitas Jember Ke-15.

Dibuka oleh Ns. Anisah Ardiana, S.Kep., M.Kep., Ph.D. dengan harapan yang disampaikan beliau dalam sambutannya bahwa dengan adanya webinar ini, mahasiswa dapat belajar untuk meningkatkan profesionalismenya sebagai perawat. Bukti bahwa perawat bukan hanya sekadar meningkatkan pengetahuan, tetapi juga keterampilan dalam penanganan pasien, terutama jika berada dalam masa pandemik, dibuktikan dengan alumnus yang hadir sebagai pemateri untuk berbagi pengalamannya. Maka dari itu, peserta yang tergabung diharapkan dapat memetik pengalaman yang nantinya bisa diimplementasikan.

Materi pertama disampaikan oleh Ns. Alfid Tri Afandi, S.Kep., M.Kep. dengan topik bahasan “Peran Mahasiswa Keperawatan dalam Pencegahan dan Penanganan Covid-19 pada Masa Social Distancing dan New Normal Era”. Menurut Ners Alfid, selain penyakit fisik ada juga yang namanya penyakit psikis dan itu berbahaya karena selama ini mahasiswa juga merasa tekanan untuk belajar dan memahami, serta mengerjakan tugas yang banyak. Ners Alfid juga memberikan tips mengenai cara mengatasi stres, melakukan “saring” berita atau informasi sebelum sharing, mencegah persebaran Covid-19, dan meningkatkan pertahanan daya tahan tubuh selam Covid-19.

Materi kedua disampaikan oleh Ns. Dian Wahyu Pribadi, S.Kep., dengan topik bahasan “Profesionalisme dan Penanganan Covid-19 pada Masa Social Distancing dan New Normal Era”. Pada webinar kali ini, Ners Dian Wahyu menjelaskan mengenai perkembangan informasi terkait dengan Covid-19, seperti faktor risiko yang mengitari kehidupan sehari-hari perawat dalam penanganan Covid-19, peran perawat utamanya pada masa pandemik, dan perician mengenai penggunaan APD di berbagai level. Pada webinar kali ini Ners Dian Wahyu juga membagikan pengalaman beliau dalam menangani pasien di masa pandemik Covid-19 yang diselipkan di setiap subtopik bahasan beliau.

Dari pembahasan webinar diatas dapat disimpulkan bahwa baik mahasiswa atau pun perawat tetap harus menjaga kondisi kesehatan baik itu secara fisik atau pun mentalnya. Karena penanganan pasien dan lingkungan sekitar juga harus dioptimalkan, utamanya di masa pandemik Covid-19.

Info lebih lanjut: