“Tata Laksana Keperawatan pada Kasus Trauma di Area Pertanian pada Masa New Normal”

Tatanan baru beradaptasitasi dengan covid-19 (New Normal) menjadi perhatian khusus bagi tenaga kesehatan  khususnya Perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan di tatanan area pertanian. Adanya Faktor lain yang memicu terjadinya kecelakaan di bidang pertanian ini disebabkan karena terbatasnya waktu yang tersedia untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Saat ini Sektor pertanian menjadi lapangan kerja utama yang juga beresiko tinggi mengalami kecelakaan kerja. Banyak para petani yang tidak memahami dampak keselamatan kerja yang dikerjakan setiap hari. Dimasa new n0rmal saat ini, perlu dilakukan diskusi untuk meminmalkan resiko terjadinya kecelakaan kerja,  diharapkan mampu memberikan manfaat yang berdampak baik serta meminimalisir angka kecelakaan kerja. Sabtu (18/7)  Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang kembali memberikan update keilmuan dimasa pandemi melalui kegiatan Webinar Agronursing series 2 yang bertema “Tata Laksana Keperawatan pada Trauma di Area Pertanian pada Masa New Normal Covid-19”. Webinar  Agronursing Series 2 ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Ketua DPP InWocNa, Suriadi, MSN, AWCS, Ph.D, Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang Dr. Suhari, A.Per.Pen, MM dan Mashuri, S.Kep., Ns,M.Kep. Moderator webinar agronursing series 2 dipandu oleh Ns. Arista Maisyaroh, S.Kep., M.Kep. dari  Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang.

Kegiatan yang digelar secara online ini diikuti oleh kurang lebih 1882 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia dan Jepang yang terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa sarjana dan profesi keperawatan, praktisi, dan seluruh civitas di lingkungan Universitas Jember. dapat diakses melalui ruang zoom dan youtobe Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Webinar ini berlangsung mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. 

Narasumber pertama dalam webinar agronursing series 2 ini adalah  Dr. Suhari, A.Per.Pen., MM dari Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang dengan topik “Masalah Kesehatan yang Terjadi di Area Pertanian Beliau memaparkan berbagai masalah dan resiko yang sering dihadapi oleh para petani dan berbagai inovasi pertanian sebagai bentuk adaptasi di era new normal.

 

Narasumber kedua, Ns. Mashuri, S.Kep., M.Kep. dari Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, dengan topik “Perawatan Luka Kronik Akibat Gigitan Ular Berbisa Di Area Pertanian”. Beliau memaparkan tata laksana keperawatan pada klien yang mengalami luka kronik paska tergigit ular serta menampilkan testimoni klien yang telah menjalani perawatan luka kronik akibat gigitan ular jenis kobra di area pertanian.

 

 

Narasumber ketiga adalah Ketua DPP InWocNa, Suriadi, MSN, AWCS, Ph.D dengan topik “ Tatalaksana Perawatan Luka di Area Pertanian pada masa new normal”. Beliau memaparkan adaptasi dan tips perawatan luka  di era kebiasan baru pada klien yang mengalami trauma. 

 

 

 

Dengan diadakannya webinar agronursing series 2 yang digelar oleh Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember kampus lumajang dapat meningkatan pengetahuan serta ilmu ilmu baru mengenai Trauma di area pertanian pada Masa New Normal Covid-19.

Download Materi

Share via
Copy link
Powered by Social Snap