Webinar Agronursing Series 1 Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember : Kesehatan Anak Menuju New Normal Era

Lumajang – Sabtu (11 Juli 2020) telah diselenggarakan webinar series 1 oleh Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Webinar ini bekerja sama dengan Ikatan Perawat Maternitas Indonesia (IPEMI) Provinsi Jawa Timur dengan topik “Kesehatan Anak Menuju New Normal Era”. Narasumber yang dihadirkan adalah Ns. Awatiful Azza, M.Kep.Sp.Kep.Mat dari IPEMI Jatim, Ns. Musviro, S.Kep., M.Kes dan Sri Wahyuningsih, S.ST M.Keb dari Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember serta di pandu oleh moderator Ns.Primasari Mahardhika, M.Kep.

Webinar ini disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom dan youtube Kampus Lumajang diikuti oleh 1500 partisipan (62% perawat) berasal dari Jatim, Jateng, Jabar, Kalbar, Bengkulu, Lokseumawe, Sulawesi, Papua dan Arab Saudi yang dimulai pada pukul 9.07 sampai jam ­­­­­­­­­11.38 WIB. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember yaitu Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kep. “Menjalankan protokol kesehatan selama New Normal sangat penting untuk mengurangi tingginya kasus covid 19. Kita menyadari budaya berperilaku hidup bersih dan sehat  bukanlah hal yang mudah,  apalagi untuk anak – anak Oleh karena itu  pendampingan dari orang tua terutama ibu  sangatlah penting dalam menjalankan kehidupan New Normal.” ungkap beliau.

 

Narasumber pertama Ibu Ns. Musviro, S.Kep., M.Kes menyinggung topik tentang “Kesiapan Kesehatan Anak Usia Sekolah menuju New Normal Era”. Beliau memaparkan kebiasaan pencegahan masalah kesehatan, peningkatan imunitas dan kebutuhan dasar tumbuh kembang anak dapat terpenuhi  sehingga anak dalam keadaan selalu sehat dimasa normal baru. Beberapa cara yang dilakukan dengan tidak membawa anak-anak ke tempat umum seperti taman, pusat rekreasi, pusat perbelanjaan atau berkumpul membentuk kerumunan. Jika anak terpaksa dibawa keluar rumah dalam keadaan mendesak, maka gunakan masker dan tetap jaga jarak.

 

Topik “Persiapan Ibu dalam mendampingi Anak Usia Sekolah menuju New Normal Era” disampaikan oleh ibu Sri Wahyuningsih, S.ST M.Keb. Beliau menjelaskan bahwa pengasuhan di era new normal saat ini, sebaiknya orang tua berfokus lebih kepada membantu agar anak mampu menghadapi masalah. penggunaan masker pada anak-anak perlu kerjasama antara orang tua, pihak sekolah dan anak itu sendiri termasuk menjaga kebersihannya dalam membantu keberhasilan melawan COVID-19.

 

 

Topik yang di bawakan oleh Ibu Ns. Awatiful Azza, M.Kep.Sp.Kep.Mat dengan topik “Pelayanan kesehatan maternal dan neonatal sebagai pilar pada masa new normal”. Beliau menyinggung bahwa masyarakat harus mulai membiasakan hidup seperti biasa berdampingan dengan virus corona, tentunya dengan protokol kesehatan. Menghadapi  era New Normal,  pelayanan kesehatan  harus tetap berjalan  secara optimal, aman bagi  pasien dan petugas kesehatan  dengan  berbagai penyesuaian.

Semoga dengan terselenggaranya webinar ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ilmunya barokah, serta semoga diberikan kesehatan menghadapi new normal era. Aamiin YRA. (red)

Sertifikat Webinar Sesi 1 dapat diunduh dilink Download

Dapatkan informasi Webinar Sesi 2 disini Poster Webinar Sesi 2
 

Share via
Copy link
Powered by Social Snap