Pelatihan Kompetensi Dasar Perawat Bagi Mahasiswa Profesi Ners Angkatan XXIX

Berbagai kompetensi dasar perawat dipraktikkan dalam kelompok kecil dan didampingi oleh dosen Fkep Unej

Mahasiswa yang akan menjalankan praktik profesi di rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya tentunya harus memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk menjalankan tugas dan kewajibannya selama praktik profesi. Hal inilah yang menjadi dasar bagi Program Profesi Ners FKep Unej menggelar Pelatihan Kompetensi Dasar Perawat Bagi Mahasiswa Profesi Ners khususnya Angkatan XXIX.

Tercatat sebanyak 72 mahasiswa program profesi mengikuti pelatihan ini. Meskipun saat perkuliahan mahasiswa mendapatkan bekal berbagai keterampilan keperawatan di laboratorium, kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengupdate kembali pengetahuan dan keterampilan dasar mereka .

Kegiatan berlangsung selama 3 hari yakni tanggal 4-6 April di Gedung OSCE FKep UNEJ dengan menggunakan 6 station dimana mahasiswa akan melakukan rotasi. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga dalam satu station terdapat tidak lebih dari 4 mahasiswa. Hal ini dimaksudkan selain untuk menjaga jarak sebagai bentuk protokol kesehatan juga agar mahasiswa dapat lebih fokus menjalankan praktik dalam kelompok kecil.

Adapun komptensi yang dilatih pada mahasiswa antara lain: oksigenasi, pemasangan oropharingeal airway, suction, terapi batuk efektif, pemberian terapi cairan, perhitungan tetesan infus, pemberian transfusi darah, pengkajian kekuatan otot, tanda-tanda vital, hand hygiene, penggunaan alat pelindung diri (APD), perawatan luka, pemberian obat melalui berbagai rute, dan pertolongan persalinan normal.

Selain kompetensi di atas, diharapkan mahasiswa juga menerapkan kompetensi dasar seperti penerapan prinsip etika, patient safety dan prinsip pendokumentasian asuhan keperawatan.

Pada akhirnya, Fakultas Keperawatan Universitas Jember mengharapkan mahasiswa dapat menunjukkan kualitas baik secara personal maupun profesional.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap