Bhakti Sosial Peduli Erupsi Gunung Semeru Fakultas Keperawatan Universitas Jember

Hari ini, Senin 6 Desember 2021 pukul 08.00 WIB, tim dari Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang terdiri dari dosen baik prodi S1 maupun D3, tenaga kependidikan dan beberapa mahasiswa terjun langsung ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, untuk membantu warga yang terdampak serta memberikan sejumlah bantuan. Bantuan yang diberikan berupa sembako serta keperluan lain yang penting seperti susu, popok bayi, mi instan, kasur, biskuit, sabun, serta pakaian.

Donasi berupa makanan dan pakaian untuk warga terdampak bencana

Seperti diketahui, kejadian meletusnya Gunung Semeru pada tanggal 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB menyisakan pilu bagi warga sekitar. Hingga saat ini, terlapor 14 korban jiwa dan setidaknya ratusan  warga yang mengalami luka-luka. Sejumlah warga yang kehilangan harta benda dan belum bisa Kembali ke rumah mereka sebab rumah mereka luluh lantak tertimbun abu vulkanik serta status gunung semeru yang masih daalam status waspada, sehingga mereka terpaksa mengungsi di posko-posko yang tersebar lokasi yang masih terbilang aman.

Tim dari Universitas Jember sendiri dibagi dan tersebar di beberapa titik/posko dikarenakan setidaknya ada 8 Desa di dua kecamatan yakni Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Adapun desa tersebut yakni Desa Sumber Wulu, Sumber Mujur, Penanggal,  Candipuro, Sumber Rejo, Supiturang, Sumber Urip dan oro Oro Ombo

Selain melakukan perawatan terhadap warga yang terluka akibat bencana dan membagikan donasi, Tim Fakultas Keperawatan juga menghibur warga khususnya anak-anak dengan memberi mainan dań bermain bersama anak-anak yang berada di lokasi pengungsian.

Tim Fkep Unej membagikan donasi dan beberapa dibagi di berbagai titik/posko

Hingga saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebut jumlah masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru bertambah menjadi 5.205 jiwa. Sedangkan yang berada di pengungsian sebanyak 1.300 orang.

Semoga warga masyarakat yang terdampak diberikan ketabahan,  serta Tim Fakultas Keperawatan diberikan kekuatan untuk membantu warga.(ruris@fkep.2021)

Tags
Share via
Copy link
Powered by Social Snap