News

Memperingati Momentum Hari Perawat Internasional dengan Meningkatkan Kapasitas Perawat Melalui The 5th International Agronursing Conference

The 5th International Agronursing Conference (IANC) merupakan acara berskala internasional kelima yang dilaksanakan oleh Fakultas Keperawatan, Universitas Jember. Acara ini diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 11-12 Mei 2023 di Gedung Auditorium, Universitas Jember dan juga dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Seminar internasional ini menghadirkan pemateri dari berbagai negara yang berbeda yakni Australia, Thailand, United Kingdom, Taiwan dan Indonesia. IANC diikuti oleh partisipan yang berasal dari berbagai negara termasuk seluruh dosen dan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember dari angkatan 20, 21 hingga 22. Selain sebagai peserta, mahasiswa dan dosen juga dapat mendaftarkan dirinya sebagai Oral Presenter di acara IANC yang nantinya akan dipilih menjadi presenter terbaik dan hasil penelitiannya dapat dipublikasikan dalam jurnal berskala internasional dan nasional ber-ISBN

Acara IANC dikemas dengan sangat menarik, selain materi luar biasa yang disampaikan oleh presenter, juga terdapat berbagai penampilan seperti tari Agronursing, Nurse Philharmonic Choir dan Jember Fashion Carnaval sebagai ajang memperkenalkan budaya Jember ke lingkup internasional. Acara berjalan dengan lancar dan banyak mendapat apresiasi serta tingginya antusias dari peserta dapat menjadi kebanggaan dari terselenggaranya acara IANC ini. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan peserta saat sesi tanya jawab dengan pemateri oral dan lima pemateri yang berasal dari berbagai negara dan antusiasme saat sesi kuis di akhir acara.

Acara IANC juga dilaksanakan bersamaan dengan The 1st Internasional Post Graduate Nursing Student Conference dan bertepatan dengan peringatan Internasional Nurses Day di hari kedua acara IANC pada 12 Mei 2023. Sehingga, dapat menguatkan peran perawat dalam pengembangan keilmuan saat melakukan sharing penelitian dengan berbagai negara dan meningkatkan peran perawat dalam internasional collaboration.  Harapannya, acara IANC dapat diselenggarakan kembali tahun depan dikarenakan banyak sekali peserta yang merasakan manfaat dari acara ini baik bagi mahasiswa, dosen maupun perawat sebagai peneliti, pemberi asuhan keperawatan dan peran di lingkup lainnya.

“Tentu saja saya setuju, karena acara ini bukan hanya sekedar acara tahunan, tapi dengan acara ini kita dapat meng-upgrade pengetahuan kita secara internasional. Sehingga, kita bisa mengetahui tren penelitian di negara-negara maju itu seperti apa dan apakah kita bisa melakukan hal seperti itu juga atau bahkan berkolaborasi dengan mereka ?” Ungkap Ns. Yulia salah satu dosen Fakultas Keperawatan Universitas Jember dan sebagai pemateri oral terbaik dari acara IANC.

By: Zona Pers Ners, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember