TINGKAT COVID-19 MENURUN, FKEP UNEJ LAKSANAKAN ANGKAT SUMPAH LURING PERDANA SELAMA PANDEMI

Tanggal 28 Oktober 2021 Fakultas Keperawatan Universitas Jember kembali  melaksanakan acara nan sakral yakni “Angkat Sumpah dan Pelantikan Ners periode III Tahun 2021” yang diadakan pertama kali di Gedung Auditorium Universitas Jember dan pertama kali diadakan secara luring selama pandemi Covid-19. Sumpah profesi Ners kali ini cukup istimewa karena telah diberlakukannya exit exam, sehingga mahasiswa yang disumpah pada periode ini merupakan mahasiswa yang dinyatakan kompeten setelah menempuh ujian kompetensi Ners pada tanggal 28-29 Agustus 2021 lalu.

Kegiatan Sumpah Ners ini diselenggarkan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti mewajibkan 2 kali vaksin, menjaga jarak dan hasil tes swab antigen negatif. Berdasarkan surat rekomendasi Satgas Covid Universitas Jember, orang tua atau wali serta mahasiswa yang belum melengkapi vaksinasi menghadari acara secara daring melalui zoom guna mengurangi adanya kerumunan dan potensi penyebaran covid-19.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh beberapa pihak, seperti Rektor Universitas Jember, Ketua DPW Satuan PPNI Jawa Timur yang diwakili oleh Ketua DPD PPNI Kabupaten Jember, Dekan dan Wakil Dekan I dan II Fakultas Keperawatan Universitas Jember , Senat Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Rohaniawan, pihak-pihak lain yang terkait beserta lulusan yang dilantik. Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember secara simbolis dengan satu kali ketukan palu dan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Dekan Fakultas Keperawatan Univesitas Jember No. 6118/UN. 25.1.14/SP/2021 Tanggal 04 Oktober 2021 Tentang Yudisium Ners Periode II Tahun 2021 Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang menyatakan bahwa sejumlah 103 Mahasiswa lulus dengan rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif 3,93 dimana terjadi peningkatan rerata dibandingkan dengan periode sebelumnya (3,87)

Sebanyak 93 Mahasiswa secara luring dan 10 mahasiswa secara daring telah resmi disumpah oleh Ketua DPW Satuan PPNI Jawa Timur yang diwakilkan kepada Ketua DPD PPNI Kabupaten Jember yaitu Ns. H. Asrah Joyo Widono, S.Kep., S.H., M.Si. didampingi oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember dan Rohaniawan. Dilanjutkan dengan penyematan pin keanggotaan PPNI oleh seluruh lulusan secara mandiri disaksikan oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh DPD PPNI Kabupaten Jember. Pada periode ini lulusan terbaik diraih oleh Ns. Wiwit Wulansari, S.Kep dengan IPK 4,0.

Sebagai perwakilan  lulusan  Ns. Fahrur Rosi, S.Kep mengucapkan rasa syukur dan terimakasih, serta permohonan maaf  kepada seluruh pihak terkait yang telah membantu selama masa studi sehingga sebanyak 103 mahasiswa dapat lulus dan disumpah pada hari ini

Selanjutnya Ketua DPW PPNI Provinsi Jawa Timur yang diwakilkan oleh Ketua DPD PPNI Kabupaten Jember Ns. H. Asrah Joyo Widono, S.Kep., S.H., M.Si dalam pesannya menyampaikan rasa bangga kepada seluruh Ners yang telah diangkat sumpah dan diharapkan segera berkontribusi dalam penanganan Covid-19.  Selain itu, beliau berpesan agar lulusan tidak berhenti belajar dan terus mengembangkan potensi diri. serta tidak ragu untuk bergabung dengan organisasi PPNI untuk melindungi perawat selama bertugas, pungkasnya.

Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes selaku Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember dalam sambutannya juga berpesan agar lulusan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan dan tetap meng-upgrade diri serta selalu menjaga nama baik almamater. Kehadiran Rektor Universitas Jember Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. dalam acara ini juga menjadi perhatian lulusan dimana beliau menyampaikan rasa syukur dan bangga juga tak lupa berpesan dalam sambutannya.

“Hari ini merupakan suatu momentum bagi seluruh lulusan yang diambil sumpahnya sebagai seorang perawat dengan profesi Ners yang merupakan sesuatu yang luar biasa untuk dicapai. Belajar harus terus dilakukan bagi seorang Ners yang professional dalam mengikuti trend dunia kesehatan. Lakukan segala sesuatu dengan baik dan ikhlas, jangan putus semangat menghadapi tantangan yang akan datang dan saya ingin menitipkan untuk menjalankan fungsi edukasi kepada masyarakat dalam keadaan pandemi Covid-19 ini sebagai orang yang memahami tentang kesehatan. ” lanjutnya.

Acara angkat sumpah dan pelantikan Ners periode III Tahun 2021 ditutup secara simbolis dengan tiga ketukan palu oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember dan diakhiri dengan do’a.

Tags
Share via
Copy link
Powered by Social Snap