Pengabdian Masyarakat: Penerapan IPTEK Berbasis Hasil Penelitian pada Masyarakat di Kawasan Perkebunan

Hari Kamis, 11 November 2021, segenap civitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang terdiri atas dosen, tenaga kependidikan, dan beberapa mahasiswa bertolak ke  Gunung Gambir, Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember untuk melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pemberian Pendidikan Kesehatan kepada warga yang bertempat tinggal di Wilayah Gunung Gambir. Selain sebagai bentuk tridharma perguruan tinggi, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangkaian Dies Natalis Universitas Jember ke-57.

Terdapat lima sebaran titik pelaksanaan kegiatan dengan lima sasaran peserta yang berbeda. Di titik pertama dan kedua berlokasi di kebun teh dengan objek penyuluhan yakni buruh petik teh. Adapun Pendidikan kesehatan yang diberikan terkait penanganan keselamatan kerja, sebab para petani/buruh sangat rentan terhadap kecelakaan kerja seperti terjatuh, luka, terkena gigitan ular, sengatan hewan dan juga berbagai keluhan terkait tulang dan otot akibat posisi kerja.

Bersama petani/buruh petik teh

Titik lokasi ketiga yakni di Pelataran Klinik dengan peserta penyuluhan yakni wanita usia subur, sehingga Pendidikan Kesehatan yang diberikan terkait dengan berbagai permasalahan Kesehatan pada wanita usia subur seperti menjaga kebersihan saat menstruasi, Kesehatan pada ibu hamil, deteksi dini pada kanker payudara, dan bagaimana mengatasi kecemasan pada wanita.

Peserta di titik keempat ( di Posyandu) yakni  ibu-ibu yang memiliki balita. Penyuluhan yang diberikan terkait  Kesehatan ibu dan anak serta titik terakhir (kelima) terdiri atas lansia dan pegawai kantor PT Perkebunan Nusantara Wilayah Gunung Gambir dengan materi penyuluhan terkait penyakit degeneratif dan Kesehatan mental.

Selain pendidikan kesehatan, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan pada warga seperti pemeriksaan tekanan darrar, kadar gula, dan kolesterol. Meski hujan, masyarakat tetap semangat untuk hadir,  dan selama kegiatan berlangsung, masyarakat nampak antusias dan terlibat aktif pada sesi diskusi.

Kegiatan ini juga didukung oleh stakeholder termasuk pimpinan PT Perkebunan Nasional (PT PN) Wilayah tersebut. Manajer PT PN Wilayah hadir dalam sambutan kegiatan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Keperawatan Ns. Lantin Sulistiyorini, M. Kes. Akhir acara ditutup dengan ramah-tamah dan foto bersama.

Ns Lantin Sulistiyorini, M. Kes Bergama Manajer PT Perkebunan Nasional Wilayah Gunung Gambir

Di samping untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat, diharapkan kegiatan pengabdian di wilayah perkebunan yang mengusung tema ‘Sinergitas Agronursing”, dapat memberikan sumbangsih dalam mendukung Visi dan Misi Universitas Jember yakni menjadi Universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi dan seni berwawasan lingkungan, bisnis, dan Pertanian industrial.

 

Share via
Copy link
Powered by Social Snap