Fakultas Keperawatan Turut Peringati World Autism Awareness Day Sebagai Bentuk Pendabdian Masyarakat

Jumat, 1 April 2022, Fakultas Keperawatan turut berpartisipasi sebagai pembicara dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia di Lippo Plaza Jember pukul 13.00 WIB. Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan bersama dengan Tsabita Art Jember dan Yayasan Gapai Mandiri.

Acara ini juga merupakan ajang unjuk bakat dan kemampuan bagi ana-anak dengan autisme. Beberapa rangkaian kegiatan diantaranya yakni pertunjukan bernyanyi, menari, talkshow, pembagian bunga dan pagelaran seni.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Bupati Jember, Ir H Hendy Siswanto, ST. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan kepedulian pada anak-anak yang terlahir spesial serta mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan dan ruang bagi anak-anak dengan autisme untuk mengembangkan dirinya tanpa membeda-bedakan.

Bupati Jember, Ir H Hendy Siswanto, ST. Memberikan Sambutan

Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes. , ketika dikonfirmasi secara terpisah mengungkapkan bahwasannya Anak-anak merupakan titipan dari Allah SWT, yang amat istimewa.,  yang selalu mengajarkan kita untuk selalu bisa lebih bersyukur, dan untuk memotivasi kita untuk menjadi Orang Tua yang lebih baik, mengajarkan arti IKHLAS, Kuat dan Sabar.

Talkshow sendiri dibawakan oleh Ns. Peni Perdani Juliningrum, M.Kep yang merupakan dosen Departemen keperawatan Anak, Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Edukasi diberikan kepada orang tua terkait autism mulai dari penyebab, tanda dan gejala serta hal-hal yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus agar mereka mampu beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik di lingkungan.

Peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia atau World Autism Awareness Day sendiri ditetapkan tanggal 2 April oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertujuan untuk mendorong negara anggota PBB turut serta dalam meningkatkan kesadaran tentang gangguan spektrum autism.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat sekaligus bentuk dukungan Fakultas Keperawatan Universitas Jember pada anak berkebutuhan khusus.

Ns. Peni Perdani Juliningrum, M.Kep dalam memberikan edukasi terkait autism
Ns. Peni Perdani Juliningrum, M.Kep dalam memberikan edukasi terkait autism
Share via
Copy link
Powered by Social Snap