News

Webinar Kuliah Pakar Optimalisasi Peran dan Fungsi Perawat dalam Penanganan dan Pencegahan Stunting

Sebagai bentuk komitmen Fakultas Keperawatan Universitas Jember dalam pencegahan dan penanggulangan stunting, maka diadakan Kuliah Pakar dengan tema Optimalisasi Peran dan Fungsi Perawat dalam Penanganan dan Pencegahan Stunting pada hari ini, Selasa, 23 November 2021. Kuliah pakar ini diadakan secara daring dengan menghadirkan Prof. Henny Suzanna Mediani, S.Kp.,MNg.,PhD sebagai pembicara dan Ns. Nuning Dwi Merina, M. Kep. selaku moderator.

Sambutan oleh Dekan Fakultät Keperawatan Ns. Lantin Sulistiyorini, M. Kes.

Dalam sambutan sekaligus pembukaan webinar kuliah pakar ini, Dekan Fakultas Keperawatan Ns. Lantin Sulistiyorini, M. Kes.  menuturkan bahwa angka stunting di Kabupaten Jember merupakan angka tertinggi ke dua se Jawa Timur sehingga diharapkan di tahun 2022 dilakukan upaya-upaya untuk menggulangi hal tersebut. Dari sambutan ini, Dekan juga mengungkapkan bahwa diharapkan dari kuliah pakar ini sebagai upaya menyelaraskan tujuan dengan pemerintah untuk menanggulangi stunting.

 

Dalam pemaparan materinya, Prof. Henny Suzanna Mediani, S.Kp.,MNg.,PhD yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Keperawatan Universitas Padjajaran mengungkapkan banyak hal terkait stunting pada balita, mulai dari prevalensi stunting yang merupakan permasalahan global, penyebab stunting yang terutama yakni kekurangan gizi khususnya pada periode golden time (100 hari pertama kehidupan), dampak stunting, sampai pada peran perawat dalam pencegahan stunting.

Pemaparan Materi oleh Prof. Henny Suzanna Mediani, S.Kp.,MNg.,PhD

Sejumlah 600 peserta hadir dalam kuliah pakar ini, baik yang hadir melalui zoom maupun yang hadir melalui streaming youtube. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kuliah pakar ini, sehingga sesi diskusi dan tanya jawab pun berlangsung sangat interaktif.  Bagi yang belum sempat mengikuti secara langsung, webinar ini dapat disaksikan melalui kanal youtube Fakultas Keperawatan Universitas Jember atau dengan mengklik link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=_Sgf_FNNSts