News

WEBBINAR SNC 2020: HADAPI NEW NORMAL DENGAN PHBS

Jember – Senin (13/07), UKM Social Nursing Corporation (SNC) Fakultas Keperawatan Universitas Jember mengadakan sebuah Webinar dengan mengangkat tema “ Siap Menghadapi Era New Normal Dengan Membangun Semangat Perilaku Hidup Sehat” dengan alokasi waktu yang diperkiran dari pukul 10.00- 12.00 WIB.  Webinar ini dapat diikuti melalui Via Zoom Online Meeting maupun melalui live streaming Youtube Fakultas Keperawatan UNEJ. Adapun untuk pemateri dari webinar ini yang pertama yaitu Ns. Eka Afdi Septiyono, S.Kep.M.Kep dimana beliau merupakan pembina UKM SNC Fakultas Keperawatan Universitas Jember,sedangkan untuk pemateri yang kedua yaitu Melaniara Anggista selaku ketua UKM SNC Fakultas Keperawatan Universitas Jember.

Webbinar ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan diawali pembukaan oleh moderator yaitu Devi Anjasari yang merpakan anggota dari UKM SNC itu sendiri. Setelah moderator membacakan susunan acara, maka acara selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Wadek 1 yaitu Ns. Anisah Ardiana, S.Kep., M.Kep., Ph.D Menurut Ns. Anisa web binar ini sangat penting karena seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kita sudah memasuki masa tatanan normal, sehingga berperilaku sehat sangat penting untuk kita lakukan dalam melakukan kegiatan sehari-hari kita pada masa new normal ini.Ns. Anisah juga menyampaikan pesan dari bu dekanFakultas Keperawatan UNEJ Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes. yaitu untuk  tetap menjaga disiplin dalam menjalankan perilaku hidup sehat karena tingginya kasus positif Covid-19 itu yaitu karena kurangnya kedisiplinan dalam berperilaku sehat.

Sebelum memasuki acara inti, maka dilakukan pembacaan do’a terlebih dahulu. Seperti yang telah kita ketahui dlaam webinar kali ini terdapat dua pemateri dimana masing-masing pemateri diberikan waktu 30 menit untuk menyampaikan materi. Pemateri pertama yaitu Ns, Eka dengan  tema “ Peran Mahasiswa dalam Memasuki Era New Normal Covid-19”. Dalam presentasinya, Ns. Eka menyampaikan beberapa peran yang dapat dilakukanoleh mahasiswa dalam menghadapi new normal ini yaitu dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi new normal,mencontohkan protokol kesehatan yang baik dan benar, memberikan pemahaman dan menyebarkan informasi yang valid, perkuliahan daring dan praktikum tatap muka dengan protokol ketat, membantu masyarakat terdampak dengan protokol ketat, serta mahasiswa  harus berpikir kritis terhadap masalah bukan menambah beban menjadi kritis.

Selanjutnya untuk pemateri kedua dengan tema “Ketahan Fisik Dan Mental Mahasiswa Dalam Memasuki Era New Normal”.Menurut melaniara new normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, Oleh karena itu di era new normal pada saat ini maka ketahanan mahasiswa merupakan hal penting yang haruslah diperhatikan mengingat bahwa permasalahan pandemi ini telah meresahkan semua warga di dunia.

Selasa, 14 Juli 2020, 08.00 WIB

 Atik Rusdiana – ZONERSNews