Peningkatan Proses Adaptasi Mahasiswa Baru Melalui Kegiatan PPMB 2024

sabtu, 07 september 2024.

Adaptasi merupakan sebuah proses bagi mahasiswa dalam rangka menyesuaikan dengan lingkungan kampus, baik dari cara bertingkah laku, hingga ke cara berpikir dan cara berbicara melalui Pengembangan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) . Untuk tahun ini, kegiatan PPMB pada fakultas Keperawatan dilaksanakan secara serentak di 3 kampus , yakni Kampus Prodi Sarjana Ilmu Keperawatan kampus Jember, Kampus D3 Keperawatan Kampus Lumajang, dan Kampus D3 Keperawatan kampus kota Pasuruan yang acara pembukaannya dilaksanakan secara Hybrid di 3 kampus tersebut.

kegiatan PPMB ini dihadiri oleh tiap Koordinator Program Studi yang ada di lingkungan fakultas Keperawatan Universitas jember secara Daring, para perwakilan undangan tersebut hadir melalui link zoom yang telah disiapkan oleh Panitia PPMB 2024. acara dimulai tepat pukul 08:30 waktu setempat, bertempat di gedung ORMAWA lantai 3 Fakultas Keperawatan, acara berlangsung secara khidmat, sesuai dengan rundown panitia. setelah acara di mulai oleh pembawa acara, kemudian ketua panitia kegiatan memberikan sambutan dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Badan Eksekutif Mahasiswa. Dalam sambutannya ketua panitia PPMB menyatakan bahwasannya kegiatan PPMB ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan PKKMB 2024, yang mana tujuan utamanya adalah memberikan wawasan dan beradaptasi dengan pendidikan di lingkungan perguruan tinggi pada umumnya dan di Fakultas Keperawatan pada khususnya. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keperawatan, Fuad Fahmi, dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih kepada segenap rekan-rekan mahasiswa yang telah bekerja keras, bahu membahu agar acara ini dapat terlaksana, tak lupa juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada segenap civitas akademika Fakultas Keperawatan Universitas Jember, yang telah membantu agar acara ini terlaksana. PPMB bertujuan untuk membentuk mahasiswa baru menjadi individu yang lebih berkarakter dan paham akan pola pikir kehidupan kampus.

sambutan terakhir diberikan oleh Ns. Dini Kurniawati, S. Kep., M.Kep., Sp.Kep.Mat, selaku Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Keperawatan Universitas Jember. beliau mewakili Dekan yang dalam kesempatan kali ini berhalangan hadir, dikarenakan satu dan lain hal. dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa PPMB bukanlah sebuah perploncoan seperti dimasa lampau, tetapi bagaimana memberikan pemahaman tentang pola pikir dan bertingkah laku di perguruan tinggi. secara khusus beliau juga menekankan pentingnya PPMB bagi mahasiswa baru, agar tidak kehilangan arah dan mempunyai pedoman dalam beradaptasi dengan pendidikan di lingkungan perguruan tinggi. dalam PPMB ini juga akan diperkenalkan saluran bagi penyaluran minat dan bakat mahasiswa agar mahasiswa bisa semakin berprestasi sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.