Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) : “Gen Z: Pionir Inovasi dan Kreasi di Era Digital”

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau yang kerap disebut PKKMB Fakultas Keperawatan Universitas Jember tahun akademik 2024/2025 merupakan kegiatan yang wajib diikuti bagi seluruh mahasiswa baru. Kegiatan PKKMB dilakukan untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan, nilai-nilai, budaya serta norma yang berlaku di lingkungan kampus. 

PKKMB UNEJ 2024 yang mengangkat tema “Gen Z: Pionir Inovasi dan Kreasi di Era Digital” bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan sistematika pendidikan di Universitas Jember terutama pada Fakultas Keperawatan. Kegiatan PKKMB ini berfokus pada pengenalan nilai-nilai nasionalisme, sistem pendidikan, hak dan kewajiban mahasiswa, serta bagaimana cara menciptakan lingkungan kampus yang aman dan ramah lingkungan. Selain itu, PKKMB juga berfokus untuk membentuk karakter mahasiswa yang berintelektual sekaligus mengenalkan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka demi membentuk generasi yang unggul dan bertanggung jawab.

Kegiatan PKKMB ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Keperawatan Angkatan 2024/2025 dari jenjang S-1 Ilmu Keperawatan, D-3 Keperawatan Kampus Pasuruan, D-3 Keperawatan Kampus Lumajang yang berlangsung pada tanggal 19-24 Agustus 2024.
Kegiatan hari pertama dilaksanakan pada Senin, 19 Agustus 2024 dengan agenda pembukaan acara resmi PKKMB di Fakultas Keperawatan yang dibuka secara resmi oleh Dr. Rondhianto, S.Kep., Ns., M.Kep. Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Dalam pembukaan, Dekan Fakultas Keperawatan mengenalkan bagaimana sistem pembelajaran di Fakultas Keperawatan, aturan-aturan yang berlaku, pengenalan bagaimana kehidupan kampus secara singkat dan tak lupa mengenalkan dosen-dosen pengajar dan tenaga kependidikan di Fakultas Keperawatan.

Untuk tahun Akademik 2024-2025 , Fakultas Keperawatan menampung sebanyak 484 Mahasiswa Baru dengan rincian sebanyak 188 Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Keperawatan, 126 Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Lumajang, 124 Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Kampus Pasuruan, dan terakhir 46 Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Keperawatan. 

Pada hari kedua sampai keempat tanggal 20-23 diisi oleh materi yang disampaikan oleh para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Fakultas Keperawatan. Beberapa materi PKKMB UNEJ 2024 yang disampaikan yaitu:
1. Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara (15%)
2. Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia pada era digital (25%)
3. Pengembangan karakter mahasiswa (30%)
4. Muatan Lokal (30%)
Kegiatan hari terakhir pada Sabtu, 24 Agustus 2024 dilakukan kegiatan Paper Mop di Stadion UNEJ, Jalan Sehat mengelilingi area Universitas Jember dan penampilan Inaugurasi yang kali ini Fakultas Keperawatan berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi.
Dengan diadakannya kegiatan PKKMB Fakultas Keperawatan Universitas Jember 2024, seluruh mahasiswa baru diharapkan dapat mengambil hikmah serta lebih siap untuk menghadapi kehidupan kampus dengan semangat dan komitmen yang kuat.