Survei kepuasan layanan keuangan dan sarana prasarana ini dilakukan pada kalender akademik gasal bulan Juli – Desember 2022. Responden pada survey ini sebanyak 882 mahasiswa. Gambaran secara umum responden pada survey ini disajikan pada table dibawah ini:
Tabel 1. Karakteristik responden survey
Program Studi | Jumlah | Persentase | ||
Ilmu Keperawatan | 656 | 74,4 | ||
Ners | 226 | 25,6 | ||
Total | 882 | 100 |
[/lvca_tab][lvca_tab icon_type=”icon_image” tab_title=”Angkatan” icon_image=”12974″]Karakteristik Responden berdasarkan Angkatan
Angkatan | Jumlah Responden | Persentase |
2017 | 16 | 1.8 |
2018 | 38 | 4.3 |
2019 | 42 | 4.8 |
2020 | 185 | 21.1 |
2021 | 190 | 21.5 |
2022 | 183 | 20.9 |
Profesi 30 | 68 | 7.7 |
Profesi 31 | 56 | 6.6 |
Profesi 32 | 100 | 11.3 |
Total | 882 | 100 |
[/lvca_tab][lvca_tab icon_type=”icon_image” tab_title=”Jenis Kelamin” icon_image=”12976″]Karakteristik Responden berdasarkan Jenis Kelamin
Jenis Kelamin | Jumlah Responden | Persentase |
Laki-Laki | 160 | 18,1 |
Perempuan | 772 | 81,9 |
Total | 882 | 100 |
[/lvca_tab][/lvca_tabs]
Berdasarkan data karakteristik responden yang ditampilkan pada table 1, didapatkan informasi bahwa seluruh mahasiswa di Prodi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Prodi Pendidikan Profesi Ners Universitas Jember telah mengikuti program survei kepuasan mahasiswa yang dilaksanakan pada periode Juli – Desember tahun 2022. Mahasiswa yang mengikuti survei terdiri dari mahasiswa angkatan 2017 hingga 2023 dan mahasiswa profesi angkatan 30, 31, dan 32. Sebagian besar mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Jember adalah perempuan (81.9%).
Survei kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan dilakukan terhadap empat aspek, yakni layanan dosen, layanan tenaga kependidikan, layanan pengelola, dan sarana prasarana penunjang proses pendidikan selama di FKep UNEJ
1. Layanan Dosen
[lvca_accordion style=”style2″][lvca_panel panel_title=”a. Keandalan dan kemampuan dosen dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa.”]- Keandalan dan kemampuan dosen dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa.
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa keandalan dan kemampuan dosen dalam memberikan layanan kepada mahasiswa sangat baik (84,7%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai Cukup (3,2%) pada keandalan dosen. Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap keandalan dosen dalam memberikan layanan pada proses pendidikan.[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”b. Daya tanggap dosen dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat”]Daya tanggap dosen dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa daya tanggap dosen dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat sangat baik (83,3%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (3%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap daya tanggap dosen dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.
[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”c. Kepedulian dosen dalam memberi perhatian kepada mahasiswa”]Kepedulian dosen dalam memberi perhatian kepada mahasiswa
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa kepedulian dosen dalam memberi perhatian kepada mahasiswa sangat baik (82,4%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (3%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap kepedulian dosen dalam memberi perhatian kepada mahasiswa dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa[/lvca_panel][/lvca_accordion]
2. Layanan tenaga kependidikan
[lvca_accordion style=”style2″][lvca_panel panel_title=”a. Keandalan dan kemampuan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa”]Keandalan dan kemampuan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswaSebagian besar mahasiswa merasakan bahwa keandalan dan kemampuan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa sangat baik (84,3%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (2,5%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap keandalan dan kemampuan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”b. Daya tanggap tenaga kependidikan dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat”]Daya tanggap tenaga kependidikan dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa daya tanggap tenaga kependidikan dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat sangat baik (83,8%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (2,1%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap daya tanggap tenaga kependidikan dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”c. Kepastian bahwa pelayanan tenaga kependidikan sesuai dengan ketentuan.”]Kepastian bahwa pelayanan tenaga kependidikan sesuai dengan ketentuan.
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa kepastian bahwa pelayanan tenaga kependidikan sesuai dengan ketentuan sudah sangat baik (81,8%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (2,8%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap kepastian bahwa pelayanan tenaga kependidikan sesuai dengan ketentuan.dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”d. Kepedulian tenaga kependidikan dalam memberi perhatian kepada mahasiswa”]Kepedulian tenaga kependidikan dalam memberi perhatian kepada mahasiswa
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa kepedulian tenaga kependidikan dalam memberi perhatian kepada mahasiswa sudah sangat baik (81,8%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (3,2%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap kepedulian tenaga kependidikan dalam memberi perhatian kepada mahasiswa dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.[/lvca_panel][/lvca_accordion]
3. Layanan Pengelola
[lvca_accordion style=”style2″][lvca_panel panel_title=”a. Keandalan dan kemampuan pengelola dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa”]Keandalan dan kemampuan pengelola dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswaSebagian besar mahasiswa merasakan bahwa keandalan dan kemampuan pengelola dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa sudah sangat baik (85,7%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (1,2%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap keandalan dan kemampuan pengelola dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”b. Daya tanggap pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat”]Daya tanggap pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa daya tanggap pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat sudah sangat baik (83,4%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai kurang (1,4%). Hal ini menunjukkan daya tanggap pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahasiswa dalam proses pendidikan yang diikuti oleh mahasiswa.[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”c. Kepastian bahwa pelayanan pengelola sesuai dengan ketentuan.”]Kepastian bahwa pelayanan pengelola sesuai dengan ketentuan.
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa kepastian bahwa pelayanan pengelola sesuai dengan ketentuan sudah sangat baik (81,3%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (2,6%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap kepastian bahwa pelayanan pengelola sesuai dengan ketentuan dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”d. Kepedulian pengelola dalam memberi perhatian kepada mahasiswa”]Kepedulian pengelola dalam memberi perhatian kepada mahasiswa
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa kepedulian pengelola dalam memberi perhatian kepada mahasiswa sudah sangat baik (81,6%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (2,2%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap kepedulian pengelola dalam memberi perhatian kepada mahasiswa dalam memberikan layanan pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.[/lvca_panel][/lvca_accordion]
4. Sarana dan Prasarana
[lvca_accordion style=”style2″][lvca_panel panel_title=”a. Kecukupan”]KecukupanSebagian besar mahasiswa merasakan kecukupan sarana prasarana sudah sangat baik (82,1%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (1,7%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap kecukupan sarana prasarana sebagai salah satu fasilitas pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas sarana dan prasaran yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.
[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”b. Aksesibilitas”]b. Aksesibilitas
Sebagian besar mahasiswa merasakan aksesibilitas sudah sangat baik (82,6%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai cukup (3,8%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap aksesibilitas sarana prasarana sebagai salah satu fasilitas pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan aksesibilitas sarana dan prasaran yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa..[/lvca_panel][lvca_panel panel_title=”c. Kualitas sarana dan prasarana”]Kualitas sarana dan prasarana
Sebagian besar mahasiswa merasakan bahwa kualitas sarana prasarana di FKep UNEJ sangat baik (83,7%), dan hanya sedikit mahasiswa yang menilai kurang (3,9%). Hal ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah puas terhadap kualitas sarana dan prasarana pada proses pendidikan. Kondisi ini sudah sangat baik, namun prodi perlu untuk tetap meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang diberikan pada mahasiswa untuk dapat memberikan layanan yang maksimal kepada mahsiswa dalam proses pendidikan yang diikuti.oleh mahasiswa.[/lvca_panel][/lvca_accordion]