Tingkatkan Kualitas UKM Fakultas Keperawatan Melalui Capacity Building UKM 2023

Sabtu, 21 Januari 2023, Dalam rangka peningkatan Kinerja, Responsivitas, Responsibilitas, Organisasi Kegiatan Mahasiswa (ORMAWA) Fakultas Keperawatan Universitas Jember periode 2023 yang baru dilantik pada tanggal 202 Januari 2023, Fakultas Keperawatan Universitas Jember bekerja sama dengan Sekolah Calon Bintara (SECABA) Batalyon RINDAM V Brawijaya, untuk memberikan materi pelatihan leadership, wawasan kebangsaan. Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini, dibuka oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Ns. Lantin Sulistyorini, M.Kes. Dalam sambutannya Dekan , memberikan arahan mengenai visi dan misi fakultas keperawatan di tahun 2023, terutama di bidang kemahasiswaan, peningkatan prestasi mahasiswa melalui UKM-UKM yang ada, peningkatan penyaluran minat dan bakat mahasiswa melalui IKM yang ada di Fakultas keperawatan sebagai salah satu penunjang 9 standar Akreditasi Fakultas .

Pun, dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwasannya Prestasi yang dicapai oleh mahasiswa di dalam ajang lomba-lomba bertaraf nasional maupun internasional juga membutuhkan supporting baik dalam bentuk pendanaan, maupun pelatihan-pelatihan, sebagai bentuk penyaluran minat dan bakat mahasiswa. Di tahun 2023 ini, Fakultas Keperawatan memiliki dua tambahan Unit Kegiatan Mahasiswa baru selain 8 UKM yang telah ada, yakni UKM Kewirausahaan dan UKM Nurse English Society (NES) , Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan , menyalurkan minat dan Bakat mahasiswa di bidang Enterpreneurship, sehingga kedepannya, Mahasiswa tidak hanya bergantung pada Lapangan Kerja yang ada, tetapi juga secara mandiri menciptakan Lapangan Kerja, dan menyerap tenaga kerja. Sedangkan Unit Kegiatan Mahasiswa Nurse English Society (NES) merupakan unit kegiatan Mahasiswa yang menyalurkan minat dan Bakat mahasiswa di bidang Bahasa Asing khususnya Bahasa inggris, unit kegiatan ini nantinya akan memberikan bekal dan pelatihan kepada mahasiswa yang akan melanjutkan studi ataupun bekerja di luar negeri, yang mana membutuhkan kemampuan berbahasa asing untuk berkomunikasi secara aktif.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa  periode 2022 , Javier Isdihar Mahardika, juga memberikan laporan evaluasi selama masa kepemimpinannya , apa yang telah menjadi Program Kerjanya, Prestasi yang telah dicapai selama masa kepemimpinannya, , kendala yang dihadapi selama masa Kepemimpinannya, serta harapannya pada ORMAWA pada masa kepemimpinan berikutnya. Sehingga kedepannya ORMAWA dapat bersinergi dengan visi dan Misi Fakultas Keperawatan secara menyeluruh di masa yang akan datang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan visi dan misi bidang Akademik dan Kemahasiswaan  Fakultas Keperawatan di tahun 2023 oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ns. Anisah Ardiana, S.Kep., M.Kep., Ph.D., dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasai dan evaluasi kinerja di masa periode 2022 yang telah bekerja luar biasa, dan harapan kedepannya terutama prestasi mahasiswa di tahun 2023 melalui ORMAWA sebagai bentuk penyaluran minat dan Bakat, beliau juga menyoroti menurunnya animo mahasiswa untuk bergabung dengan ORMAWA, dengan alasan yang beragam. Yang mana hal ini dapat menurunkan prestasi yang akan dicapai oleh mahasiswa dimasa yang akan datang, harapannya di periode tahun 2023 ini, animo mahasiswa untuk mengikuti ORMAWA dapat meningkat Kembali, dengan dua UKM baru yakni UKM Kewirausahaan dan UKM Nurse English Society (NES) . seluruh UKM akan mendapatkan Perhatian dan Perlakuan yang sama baik dalam akses ke pendanaan , pendelegasian mahasiswa baik di secara Nasional maupun internasional. Sesi ini kemudian ditutup dengan sesi  tanya jawab seputar kebijakan Akademis dan Kemahasiswaan .

Sesi berikutnya, adalah Pemaparan mengenai Kebijakan Supporting Kegiatan di bidang Keuangan , oleh Ns. Nurfika Asmaningrum., S.Kep., M.Kep., Ph.D. , Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasannya kegiatan Kemahasiswaan juga membutuhkan supporting dalam bentuk keuangan , beliau menyampaikan kebijakan Fakultas di bidang kemahasiswaan pada periode tahun 2023 , selain itu beliau juga menyampaikan evaluasinya terhadap pelaksanaan kegiatan mahasiswa yang seringkali mepet, dan sering Missed Koordinasi  dengan pihak manajemen Fakultas. Baik itu dalam pembuatan  Term Of Reference (TOR) maupun  Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)  Kegiatan. Pun, beliau menyampaikan , hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan TOR maupun LPJ Kegiatan.

Di hari kedua pelaksanaan Capacity building dilaksanakan di Sekolah Calon Bintara (SECABA) batalyon RINDAM V Brawijaya, yang ada di Jember, pelaksanaan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Kerjasama tim,tanggung jawab , keberanian menghadapi tantangan, ,kejujuran, kemampuan bekerja dalam tekana,  rasa percaya diri baik secara individual maupun secara tim melalui permainan yang bersifat mendorong untuk bekerja secara tim maupun individual, , diakhir kegiatan , peserta pelatihan capacity building diberikan materi mengenai Wawasan Kebangsaan dan materi mengenai Leadership