Kuliah Pakar : Peningkatan Kompetensi Perawat dalam Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Kehamilan Berisiko di Tatanan Agronursing

Jember – Fakultas Keperawatan Universitas Jember melaksanakan kegiatan kuliah pakar pada hari Sabtu, 05 Juni 2021 pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB. Acara kuliah pakar ini dilaksanakan melalui media online Zoom yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen Departemen Keperawatan Maternitas dan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Acara ini dipandu dengan baik oleh Ns. Nuning Dwi Merina, M.Kep selaku MC pada acara tersebut. Acara ini diawali oleh pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Fakultas Keperawatan UNEJ, dan Hymne Fakultas Keperawatan UNEJ serta pembacaan doa yang diikuti oleh mahasiswa, dosen Fakultas Keperawatan UNEJ, serta jajaran yang hadir pada acara tersebut. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan langsung oleh Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep, M.Kes selaku Dekan Fakultas Keperawatan UNEJ.

Pada kuliah pakar kali ini penyampaian materi disampaikan oleh 3 pemateri yang sangat luar biasa. Pemateri pertama adalah Prof, Dra, Setyowati, SKP,MAPPSC,PHD yang merupakan Profesor Keperawatan di FIK UI. Beliau menyampaikan materi tentang  “Pelayanan Kehamilan Berisiko di Masa Pandemic Covid-19”. Beliau menjelaskan bahwa ibu hamil termasuk dalam kelompok yang rentan terinfeksi baik secara fisik maupun psikologis terlebih di masa pandemic Covid-19 saat ini. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko ibu mengalami berbagai komplikasi kehamilan. Oleh karena itu, diperlukan skrinning dan diagnosis pada ibu hamil yang datang ke RS. Selain itu, tenaga kesehatan khususnya perawat juga perlu memberikan edukasi pada ibu hamil, beberapa diantaranya seperti mencuci tangan dengan benar, mengajarkan etika batuk, beraktifitas fisik di rumah, melakukan deteksi gerak janin secara mandiri, hingga melakukan konsultasi ASI secara online.

 Sesi penyampaian materi kedua disampaikan oleh Dr. Dhiana Setyorini, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Mat. Materi yang beliau sampaikan adalah tentang “Mudahnya Deteksi Dini Risiko Preeklampsi dan Perdarahan Post Partum”. Pada sesi penyampaian materi kali ini, beliau menjelaskan mengenai kartu skor untuk mendeteksi dini ibu dengan risiko tinggi perdarahan dan preeklampsi yang beliau kembangkan. Kartu Skor Dhiana Setyorini (KSDS) merupakan alat sederhana yang digunakan untuk mendeteksi dini risiko preeklampsi pada ibu hamil dengan harapan preeklampsi tidak terjadi dan kejadian AKI dan AKB dapat menurun. Saat ini KSDS telah dikembangkan dalam bentuk kartu skor dan sedang dalam tahapan pengembangan berbasis aplikasi agar lebih mudah diakses. Beliau menyampaikan bahwa KSDS dapat digunakan secara mandiri oleh ibu, kader, hingga tenaga kesehatan salah satunya perawat.

Sesi penyampaian materi terakhir disampaikan oleh Ns. Dini Kurniawati, Ns., M.Psi., M.Kep., Sp.Kep.Mat yang merupakan salah satu dosen Departemen Keperawatan Maternitas dan Anak FKEP UNEJ. Beliau juga dengan sangat baik menjelaskan materi tentang “Dukungan Sosial Pada Ibu dengan Kehamilan Berisiko”. Selama kurang lebih 1 jam beliau menjelaskan tentang pentingnya dukungan sosial keluarga, masyarakat, dan tenaga kesehatan bagi ibu hamil.

 

 

Selain penyampaian materi, audience dipersilahkan untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi bersama pemateri. Audience berpartisipasi dengan aktif pada sesi diskusi yang berlangsung sekitar 30 menit disetiap akhir sesi penyampaian materi, Acara ini berakhir tepat pukul 12.30 WIB yang diakhiri dengan doa bersama dengan hikmat.

Reporter:Nurlita Fatmawati/Zoners