IKM FKEP BANTU KORBAN BANJIR TEMPUREJO JEMBER

Ikatan Keluarga Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang bergabung bersama DPD PPNI Kota Jember dan DPD PPNI Kota Malang melakukan pendistribusian donasi kepada korban banjir di Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember pada hari Sabtu (23/01/2021).

Hujan yang mengguyur deras pada Senin (18/1/2021) mengakibatkan dua desa terendam banjir yaitu desa Wonosari dengan jumlah 814 KK dan Dusun Curahlele dengan 217 KK. Dari ratusan KK yang terdampak terdapat beberapa kelompok rentan yaitu 157 Bayi, 594 Balita, 65 Ibu Hamil dan 671 Lansia. Banjir yang menggenang setinggi 1000 cm mengakibatkan kerugian logistik pada warga yang tinggal di daerah tersebut. Perlu diketahui sampai saat ini masih terdapat 91 jiwa berada dalam pos pengungsian di balai desa Wonosari.

Meilan salah satu mahasiswa Fakultas Keperawatan yang ikut andil dalam pendistribusian donasi menyebutkan bahwa bantuan yang diberikan kepada korban banjir di Kecamatan Tempurejo ini berupa minyak telon, peralatan mandi, makanan, pakaian, dan sembako. Bersama teman-temanya yang mewakili yaitu 2 orang dari anggota BPM, 2 orang dari anggota BEM, 2 orang perwakilan dari UKM Kandaga, dan 2 orang dari D3 Lumajang menyebar ke tiga titik lokasi terdampak banjir yaitu mendistribusikan donasi melalui Posyandu di dua tempat dan melalui kecamatan. Sangat diharapkan hasil donasi tersebut dapat membantu dan bermanfaat bagi warga yang terdampak banjir di Kecamatan Tempurejo. – Nurlita Fatmawati