D3 Keperawatan Kampus Pasuruan

Sejarah Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan merupakan institusi Pendidikan Tinggi Keperawatan hasil dari Konversi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Kodya Dati II Kota Pasuruan yang dibentuk berdasarkan Surat Walikotamadya Kepala daerah tingkat II Pasuruan pada Bulan Maret 1989 dengan Nomor Surat 900/198/453/1989 dengan Perihal Permohonan Ijin Pendirian SPK Kodya Dati II Pasuruan.

Seiring dengan tuntutan profesionalisme di bidang keperawatan adanya perlu peningkatan pendidikan dari jenjang pendidikan menengah (SPK) ke jenjang pendidikan tinggi (AKPER). Berdasarkan Surat dari Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Pasuruan Kepada Menteri Kesehatan RI cq. Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Depkes RI melalui Kakanwil Departemen Kesehatan Propinsi Jawa Timur Tanggal 25 Agustus 1998 Nomor 446/1103/430.012/1998 Perihal Permohonan Konversi SPK Kotamadya Daerah Tingkat II Pasuruan Menjadi Program Pendidikan Ahli Madya (PAM) Keperawatan.

Akademi Keperawatan Pemda Tingkat II Pasuruan hasil dari konversi SPK mulai resmi melakukan aktivitas pendidikannya pada Tahun 1999/2000 berdasarkan Keputusan kepala pusat pendidikan tenaga kesehatan departemen kesehatan RI Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.00.06.1.3.5654 tentang Izin Penyelenggaraan Akademi Keperawatan Pemda Tk. II Pasuruan Provinsi Jawa Timur.

Sebagai tindak lanjut konversi SPK menjadi Akper Pasuruan mulai Tahun 2000 Akper ditetapkan sebagai institusi pendidikan yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan berdasarkan Peraturan Daerah kota Pasuruan Nomor 21 Tahun 2000 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Pasuruan.

Untuk menjamin kredibilitas dan akuntabilitas pelaksanaan organisasi di Akademi Keperawatan Pemda Tingkat II Pasuruan Lahirlah Keputusan Walikota Tanggal 30 September 2003 Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Akademi Keperawatan.

Perkembangan tersebut menandakan bahwa kehadiran dan kiprah Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan diterima, diapresiasi, dan dibutuhkan oleh masyarakat. Perkembangan tersebut saat ini terus berlangsung, antara lain dengan peningkatan dan pengembangan fasilitas kependidikan yang dimiliki oleh Akademi Keperawatan termasuk peningkatan infrastruktur yang menunjang proses kependidikan, peningkatan jumlan pendaftar setiap tahun pada proses penerimaan mahasiswa baru, perubahan pengelolaan keuangan yang semula Non-BLUD menjadi BLUD.

Nama-nama Direktur yang pernah dan sedang memimpin Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan adalah :

  1. Drg. Sofiah Soetjahjono (Tahun 2000-2004)
  2. H.Kusman, SIP., M.MKes (Tahun 2004-2015)
  3. H.Sarpani, S.Kep.Ns, M.MKes (Tahun 2015-2017)
  4. H. Nurul Huda, S.Psi. S.Kep.Ns., M.Si (Tahun 2017-2019)

Visi dan Misi

VISI

Menjadi program studi vokasi keperawatan yang kreatif, inovatif dan unggul dalam penerapan sains, teknologi dan seni keperawatan berwawasan agronursing di tatanan Asia Tenggara 2025

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi yang berkualitas, berkarakter, serta unggul berwawasan agronursing;
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan sains, teknologi dan seni keperawatan melalui proses penelitian berwawasan agronursing yang kreatif, inovatif, dan bernilai;
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian masyarakat di bidang sains, teknologi dan seni keperawatan  berwawasan agronursing yang kreatif, inovatif dan bernilai.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan vokasional yang bertaqwa, berbudi luhur, berkualitas, profesional, dan berdaya saing di tatanan global;
  2. Menghasilkan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian bidang keperawatan secara ilmiah dan profesional bagi tenaga pendidik;
  3. Menghasilkan dan mempublikasikan pengabdian masyarakat baik secara mandiri, hibah maupun bekerjasama dengan institusi lain dalam bidang keperawatan.

Live life when you have it. Life is a splendid gift

– there is nothing small about it

Visi Misi Prodi D3 Keperawatan Kampus Pasuruan
Lokasi Kami ...>>
Ketua Program Studi D3 Keperawatan Kampus Pasuruan H. Nurul Huda, S.Psi, S.Kep.Ns., M.Si

Jika seseorang mencari ilmu maka akan tampak di wajah, tangan dan lidahnya serta kerendahan hatinya kepada Allah SWT