News

ANGKAT SUMPAH KE 12 DAN PELANTIKAN NERS BARU PSIK UNIVERSITAS JEMBER

sumpahd2015

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember telah menghasilkan lebih dari 247 lulusan. Tahun ini, PSIK Unej  meluluskan 97 Ners baru dan 3 di antaranya merupakan mahasiswa Program Profesi Ners yang berasal dari program Beasiswa Bidik Misi  untuk mahasiswa yang telah lulus program Profesi, mereka mendapatkan gelar tambahan Ners yang artinya mereka telah pantas menyandang predikat perawat profesional. Namun, sebelum terjun langsung ke masyarakat, mereka wajib mengikuti Upacara Angkat Sumpah yang diselenggarakan pada hari , 12 Desember 2015, dan bertempat di Auditorium Gd. Alumni Universitas Jember..

Dari 37  lulusan ini, rinciannya adalah: 9 orang Ners Putra dan 28 orang Ners Putri Sementara dari 37 lulusan tersebut, 12 di antaranya mendapatkan predikat Cum Laude. (IPK 4,0)

Upacara protokoler yang rutin merupakan upacara Angkat Sumpah yang ke-12. Dalam upacara ini, turut diundang Pimpinan STIKES se Karisidenan Besuki dan wahana-wahana praktik yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menambah ilmu tentang merawat pasien. Antara lain Rumah Sakit Dr.Soebandi Jember,  Rumah Sakit Paru Jember, Rumah Sakit Dr.Haryoto Lumajang, Rumah Sakit Dr.Kusnadi Bondowos, Rumah Sakit Dr.Abdurahem Situbondo, Rumah Sakit Jiwa Dr. Rajiman Lawang, PSLU Jember dan Rumah Sakit Internasional Sanglah Denpasar Bali, kali ini mendapat giliran untuk mewakili Alumni dalam memberikan sambutan adalah saudari Ns.Irwina Angelina, S.Kep.(Sekretaris Program STIKES dr.Soebandi Jember), Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh :

  1. Dr. Zulfikar, M.Sc., Ph.D. Pembantu Rektor bidang Akademik Universitas Jember,
  2. Ns. Asrah, S.Kep Ketua PPNI kabupaten Jember
  3. Drs. M.Said Ns.S.Kep Ketua Dewan Pertimbangan PPNI Jawa timur
  4. Drg. Arif Setyoargo, SH, MMRS Direktur RSD.dr. Soebandi Jember

Serta undangan dan orangtua Ners baru. Setelah diangkat sumpah, bagi Ners Baru, akan dikembalikan ke orang tua dan di serahkan ke pengurus PPNI cabang Jember untuk segera bergabung dengan induk PPNI

Dalam sambutannya, Ketua PSIK Universitas Jember Ns. Lantin sulistiyorini. S.Kep. M.Kes yang biasa di sebut bu Lantin mengungkapkan bahwa hingga saat ini, jumlah alumni PSIK Universitas Jember adalah 247 orang yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Ns. Lantin juga mengharapkan para lulusan yang diangkat sumpah dapat menghayati isi dari lafal sumpah yang diucapkan dan dapat mengaplikasikan keilmuannya yang telah diperoleh dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan tanpa pamrih. . Dalam kesempatan tersebut, Ns. Lantin  tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan Universitas, pimpinan lahan praktik, Ketua PPNI, dan semua pihak yang telah membatu kelancaran proses belajar mengajar di PSIK Universitas Jember selama ini. 

Selain itu Ketua PPNI Cabang Jember juga memberikan sambutan agar seluruh Civitas Akademika PSIK Universitas Jember memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para peserta prosesi dan jajaran pengelola untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi menuju persaingan global dan membawa PSIK Universitas Jember semakin jaya dimasa mendatang dalam kontribusinya membangun masyarakat yang sehat dan sejahtera karena saya percaya Lulusan Ners PSIK yang mengikuti Ujian Kopetensi Ners lulus Sembilan puluh Sembilan persen Ujar Ns. Asrah, S.Kep.

Selamat mengabdi, para perawat profesional PSIK Universitas Jember. Semoga dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan keperawatan di Indonesia. (satar)