News

PUTRI SEORANG SOPIR MENJADI NERS TERBAIK

ragil3

Ragil Deshinta (24 tahun) adalah mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember angkatan 2010. Mahasiswi Bidikmisi pertama yang lulus Profesi Ners dari PSIK Universitas Jember. Prestasi mahasiswi asal Dusun Beron RT 05 RW 01, Kelurahan Waruberon, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo adalah putri dari pasangan Almarhum Bapak Hariyanto dan Ibu Yayuk Sri Ismiyati. Ragil Deshinta ini menjadi kebanggaan bagi keluarganya juga kebanggaan bagi keluarga besar Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember, karena bisa menjadi contoh dan diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember lainnya.

Ragil Deshinta merupakan mahasiswi Bidikmisi yang mempunyai prestasi bagus dengan IPK 4.00 ini adalah nilai yang paling sempurna, selain IPK tertinggi juga masa studi sarjananya hanya 3 tahun 9 bulan, bahkan penyusunan skripsi hanya di kerjakan selama 4 bulan.

Kami sangat bangga sekaligus terharu melihat perjuangannya sehingga saya pribadi maupun mewakili lembaga Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember memberikan apresiasi dengan semangat yang tinggi akhirnya bisa sukses menyandang gelar Ns. Ragil Deshinta, S.Kep dan semoga bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk meningkatkan prestasi, ”papar Ketua PSIK Universitas Jember,  Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes.

Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes berharap prestasi yang selama ini telah diraih Ns. Ragil Deshinta, S.Kep tidak membuatnya berpuas diri. Namun, bisa terus mendorongnya untuk meningkatkan prestasi sekaligus memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya..

Sementara itu Ragil Deshinta  mengaku meskipun berasal dari keluarga tidak mampu dan ekonomi pas-pasan tidak menyurutkan animonya untuk selalu berprestasi. Keterbatasan yang dimiliki telah berhasil dirubahnya menjadi energi positif untuk selalu meraih yang terbaik. “Do the best, Allah will give a success”. Itu yang selalu menjadi spirit bagi saya untuk terus berprestasi,”kata Ragil Deshinta, Alhamdulillah saat ini satu langkah sudah terlewati kata mahasiswi kelahiran Sidoarjo, 18 Desember 1991 itu.

Prestasi Ragil Deshinta menjadi mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember tentunya tidak hanya didukung oleh prestasi akademik yang mencolok dimana hingga semester 8 ia memiliki IPK 3,05. Lebih dari itu, putri sulung pasangan Bapak Hariyanto dan Ibu Yayuk Sri Ismiyati ini memiliki prestasi di luar akademik. Setidaknya terhitung sejak tiga tahun kuliah ia sering megikuti di event Nasional maupun Internasional, event perlombaan yang ia ikuti dalam berbagai kategori mulai dari lomba karya tulis, hingga terakhir akan mengikuti oral presentation ke Turkey akan tetapi karena kendala waktu akhirnya belum bisa berangkat.

Seiring berjalannya waktu, Ragil Deshinta tidak menyerah, setelah lulus S1 Ilmu Keperawatan Universitas Jember memutuskan untuk melanjutkan kuliah profesi di kampus yang sama. Ragil Deshinta adalah mahasiswi yang cerdas, terampil, dan kreatif. Latar belakang orang tuanya yang tidak mampu dalam hal financial, ia pun giat mencari biaya kuliah seperti dengan mendapatkan beasiswa Bidik misi.

Semasa kuliahnya profesi, Ragil Deshinta mengalami kesulitan ekonomi dikarenakan ayahnya hanya seorang sopir mengalami musibah sakit dan akhirnya meninggal dan ia harus membiayai kuliahnya sendiri. Akhirnya Ragil Deshinta pun semakin aktif dalam kuliahnya serta giat mencari tambahan biaya kuliah. Ragil Deshinta termasuk salah satu mahasiswi yang memiliki prestasi gemilang, hingga tak sulit baginya untuk memperoleh beasiswa. Hal ini dibuktikan bisa di terima di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember dengan beasiswa Bidik Misi mulai tahun pertama hingga selesai kuliah Profesi Ners.

Sejak di bangku sekolah menengah, Ragil Deshinta telah menunjukkan kecintaanya pada dunia perawat. Pada masa kuliah juga aktif menulis sehingga bisa menjadi Pemateri dalam Seminar Keperawatan dengan tema “Patient Safety” di Rumah Sakit Baladhika Husada Jember, kecintaannya dalam organisasi pun juga dijalaninya, ia juga pernah menjadi pengajar di Universitas Jember Mengajar dan Save Street Child Jember.

Kelulusan ini adalah merupakan awal untuk melangkah.

Selamat  Ragil………semoga sukses (Satar)