MANAJEMEN TATALAKSANA KEPERAWATAN PADA PASIEN COVID-19 DENGAN COMORBID DI ERA NEW NORMAL

Alhamdulillah, Puji Syukur Kita Panjatkan Kepada Allah SWT, Sabtu, 25 Juli 2020 Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang kembali memberikan update keilmuan melalui kegiatan Webinar Agronursing series 3 dengan tema MANAJEMEN TATALAKSANA KEPERAWATAN PADA PASIEN COVID-19 DENGAN COMORBID DI ERA NEW NORMAL”  dengan tiga narasumber yang tidak diragukan lagi yaitu Ns. Bagong Priyantono, S.Kep., MM, Kabid Keperawatan Rumah Sakit Saiful Anwar Malang dan Ketua gugus Tugas COVID-19 PPNI Kota Malang; Ns.Indriana Noor Istiqomah, S.Kep., M.Kep dan Ns. Laili Nur Azizah, S.Kep., M.Kep. Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Moderator webinar agronursing pada series 3 ini dipandu oleh Ns. Syaifuddin Kurnianto, Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang.

Webinar Nasional Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang diikuti 1649 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri yang terdiri dari profesi keperawatan, praktisi,  akademisi, mahasiswa Keperawatan, masyarakat umum, dan seluruh civitas di lingkungan Universitas Jember. Kegiatan ini dapat diakses melalui ruang zoom dan youtobe Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Alhmdulillah Webinar berlangsung dengan lancar. Peserta Webinar Antusias dalam mengikuti webinar pada kegiatan ini. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan baik di chat youtoube maupun zoom pada kolom Q&A. Kegiatan ini terselenggara mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB yang diawali dengan ucapan Diesnatalis Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang Ke-15 dari Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang dan para Alumni yang bekerja baik di Indonesia dan Luar Negeri. Selamat Dies Natalis yang ke-15 untuk Fakultas Keperawatan Universitas Jember, semoga semakin Jaya.

Foto Ucapan selamat dan Sukses Dies Natalis Fakultas Keperawatan yang Ke-15

Narasumber pertama: Ns.Indriana Noor Istiqomah, S.Kep., M.Kep. Beliau adalah Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Topik yang disampaikan: “Asuhan Keperawatan pada pasien COVID-19 dengan comorbid penyakit jantung”. Beliau memaparkan patofisiologi, asuhan keperawatan, Heart disease and agriculture serta bagaimana  pencegahan morbiditas pada pasien COVID-19 dengan comorbid penyakit jantung yaitu tetap dirumah, jaga jarak, memakai masker, sering mencuci tangan, istirahat  yang cukup, selalu konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Cukupkan kalori, protein, lemak, namun tidak berlebihan agar kadar gula darah dan kolesterol tidak meningkat. Tetap waspada, namun jangan cemas yang berlebihan. Selalu berdoa. Hindari stres, dan tetap bergembira untuk meningkatkan imunitas tubuh.
Narasumber kedua: Ns. Laili Nur Azizah, S.Kep., M.Kep. Beliau adalah Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Topik yang disampaikan adalah “Asuhan Keperawatan pada pasien COVID-19 dengan comorbid penyakit DM”. Beliau memaparkan DM assosiated COVID-19, Patofisologi dan asuhan keperawatan pada pasien COVID-19 dengan comorbid penyakit DM.  Tatalaksana COVID-19 dengan comorbid DM antara lain pengelolaan kadar glukosa darah berdasarkan type Diabetes Mellitus (Type 1, type 2, Glucocorticoid Associated Diabetes), dan klasifikasi kondisi klinis (ringan, sedang, berat/kritis).
Narasumber ketigaNs. Bagong Priyantono, S.Kep., MM.  Beliau adalah Kabid Keperawatan Rumah Sakit Saiful Anwar Malang dan Ketua gugus Tugas COVID-19 PPNI Kota Malang.Topik yang disampaikan beliau yaitu “Tatalaksana Keperawatan pencegahan mortalitas dan morbiditas pasien COVID-19 dengan comorbid di rumah sakit”. Beliau memaparkan bagaimana mencegah mortalititas dan morbiditas pada pasien COVID-19 dengan comorbid di rumah sakit antara lain menempatkan pasien pada suasana nyaman, jaga psikologis pasien dan bina hubungan saling percaya, nutrisi adekuat TKTP, mengajari senam, gerak tubuh, pernapasan, kontrol tanda vital, memasukkan obat sesuai kebutuhan, melakukan kebersihan dan personal higiene setiap hari, mengajarkan protokol covid, dan memenuhi kebutuhan spiritual pasien.

Semoga dengan terselenggaranya webinar agronursing series 3 Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang dapat memberikan peningkatan keilmuan yang barokah dan bermanfaat  bagi kita semua. Amin.