“Penguatan Self Management Pasien Diabetes di Era New Normal”

Pasuruan, 23 Juli 2020 telah di selengggarakan webinar series #2 oleh Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan dengan topik “Penguatan Self Management  Pasien Diabetes di Era New Normal”. Narasumber yang dihadirkan adalah Ns. Ahmad Hasyim Wibisono, M.Kep, M.Ng dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Pakar perawatan luka, stoma dan diabetes. Ns. Mukhammad Toha, S.Kep., M.Kep, dari Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan, Ns. Mokhammad Sujarwadi, S,Kep. M.Kep, dari Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan, dan moderator adalah Ns. Erik Kusuma, S.Kep.,M.Kes dari Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan.

Webinar ini secara langsung bisa dilihat melalui ruang zoom dan youtube Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan. Antusiasme dari peserta webinar sangat tinggi dan berasal dari seluruh Indonesia yang berjumlah 1500 peserta, yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat umum, mahasiswa, kalangan praktisi dan akademisi. Webinar ini berlangsung mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB. Acara ini diawali oleh sambutan dari Koordinator D3 Keperawatan Kampus Kota Pasuruan, Ns. Nurul Huda S.Kep.,MSi.. Beliau menyampaikan bahwa di era pandemic ini bentuk peningkatan pengetahuan bisa dilaksanakan dengan webinar seperti yang dilakukan sekarang ini dan ini merupakan webinar ke dua yang telah dilakukan oleh Prodi D3 Keperawatan universitas Jember Kampus Pasuruan.

Narasumber pertama kita Ns. Ahmad Hasyim Wibisono, M.Kep., M.Ng, dari Prodi Keperawatan FK Universitas Brawijaya, Pakar perawatan Luka, Stoma dan Diabetes.  Topik yang disampaikan” Foot Screaning dan Foot Care mandiri oleh pasien dan keluarga sebagai Pencegahan Ulcus kaki di Era New Normal”. Beliau memaparkan tentang diabetic foot yang berupa ulkus, infeksi, kerusakan jaringan dalam, dimana ini dapat dilakukan dengan perawatan mandiri. Pencegahan dapat dilakukan dengan perawatan kuku, skin mousturizer, menyesuaikan bentuk kaki dan menggunakan alas kaki. Diharapkan edukasi perawatan kaki secara intensif dapat menurunkan insidens amputasi, menurunkan faktor resiko terhadap ulserasi, meningkatkan pengetahuan, kepercayaan diri, keterlibatan pasien dan keluarga dalam perawatan kaki.

Narasumber kedua Ns. Mukhammad Toha, S.Kep., M.Kep dari Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan, dengan topik “Optimalisasi Klien Diabetes Melitus Melalui Asuhan Keperawatan”. Beliau memaparkan tentang Diabetes Melitus yang berawal dari gangguan insulin. Insulin terganggu karena penyakit autoimun, adanya kegemukan yang berlarut-larut, infeksi, dan keturunan yang akan mempengaruhi produksi insulin. Pemberian asuhan keperawatan pada pasien dengan diabetes mellitus dimulai dari pengkajian, menegakkan diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi.

 

 

Narasumber ketiga . Ns. Mokh. Sujarwadi, S.Kep.,M.Kep. dari Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan, dengan topik “ Tips Sehat bagi penderita Diabetes Mellitus di Masa New Normal”. Beliau memaparkan tentang 4 pilar penatalaksanaan Diabetes Milletus yaitu, edukasi tentang Diabetes Melitus, teratur melakukan olah raga 15- 30 menit/hari, mengatur pola makan, dan pengobatan. Penderita Diabetes Melitus bila ingin sehat harus memperhatikan kebersihan diri, physical distancing, menjaga kadar gula darah stabil, dan membatasi konsumsi gula, garam dan lemak.

 

 

 

 

 

Semoga dengan terselenggaranya webinar agronursing series #2 yang diselenggarakan oleh Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember dapat meningkatkan pengetahuan dan ilmu yang barokah dan bermanfaat untuk semuanya Aamiin 3x YRA.

Berikut link untuk download materi:

WEBINARTIPS SEHAT PENDERITA DM DI MASA NEW NORMALEra new normal – foot care

Berikut link untuk download Sertifikat:

Sertifikat Webinar series 2 D3 Keperawatan FKep Unej Kampus Pasuruan