News

GEMAS SEHATI “Gerakan Masyarakat Sehat Terlatih”

Departemen Keperawatan Komunitas dan Keluarga, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember bekerjasama dengan Kecamatan Rambipuji dan Kecamatan Panti, Kabupaten Jember menyelenggarakan Festival Kesehatan Komunitas Tahun 2020. Festival kesehatan yang mengusung tema GEMAS SEHATI “Gerakan Masyarakat Sehat Terlatih” dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2020 dimulai pukul  07.00–11.30 WIB yang bertempat di balai Desa Serut, Kecamatan Panti.

Festival kesehatan “GEMAS SEHATI” merupakan bagian dari program kerja sejumlah 66 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Ners angkatan 23 yang sedang menempuh Stase Keperawatan Komunitas dan Keluarga, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember. Stase ini dibimbing oleh 3 dosen pembimbing yakni: Hanny Rasni, M.Kep., Ns. Tantut Susanto, M.Kep., Sp.Kom., Ph.D., dan Latifa Aini S., M.Kep., Sp.Kom.

Ibu Hanny Rasni, M.Kep selaku Dosen Penanggung Jawab Mata Kuliah dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini dengan harapan masyarakat mampu meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pastisipasinya terhadap kesehatan komunitas dan keluarga menuju kota Jember yang sehat dan sejahtera. Selain itu kegiatan ini juga menjadi wujud bentuk pengabdian masyarakat oleh lembaga pendidikan melalui peran serta mahasiswa Pendidikan Profesi Ners.

Festival kegiatan “GEMAS SEHATI” ini diikuti oleh empat Desa dari dua Kecamatan, yakni Desa Rambipuji dan Rambigundam dari Kecamatan Rambipuji, serta Desa Glagahwero dan Serut dari Kecamatan Panti, dengan jumlah peserta lomba sebanyak … orang. Festival kesehatan ini mencakup beberapa lapisan masyarakat yang terlibat diantaranya ibu hamil dan menyusui, balita, anak sekolah, remaja dan usia produktif, hingga lansia. Adapun jenis-jenis lomba yang diselenggarkan oleh mahasiswa meliputi lomba senam cuci tangan, lomba cerdas cermat, lomba poster balita, lomba vlog remaja, dan lomba senam lansia.

Menurut Ida, salah satu peserta GEMAS SEHATI menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini “kegiatannya sangat bagus, mengajak masyarakat untuk hidup sehat melalui bermacam-macam lomba-lomba yang diikuti oleh berbagai kalangan usia, semoga kedepan bisa terus terselenggara dengan jumlah peserta dan doorprice yang lebih banyak”.

Lomba poster kesehatan pada balita yang diikuti oleh kader-kader balita hebat setiap desa merupakan kategori lomba pertama dalam kegiatan lomba desa ini. Pemenang lomba ini diraih oleh Siti Sofiah dari Desa Serut. Disusul oleh lomba cerdas cermat yang diikuti oleh pasukan ibu hamil tiap desa dengan pemenang lomba yakni dari Desa Glagahwero. Cuci tangan seharusnya menjadi kebiasaan yang selalu diterapkan sejak dini. Kegiatan ini juga mengusung lomba cuci tangan pada anak usia sekolah. Pemenang lomba cuci tangan pada anak usia sekolah diraih oleh Desa Glagahwero. Remaja membutuhkan pola berfikir dan selalu bertindak kreatif agar menjadi remaja bebas rokok. Dalam kegiatan ini juga diadakan lomba vlog dengan tema kesehatan yang dimenangkan oleh Desa Rambigundam. Tidak hanya muda mudi dan bibit calon penerus bangsa saja yang unjuk kebolehan dalam kegiatan ini, para lansia pun dilibatkan dalam kegiatan ini untuk menjadi lansia produktif. Lomba yang diadakan

untuk kategori lansia adalah senam hipertensi karena mengingat hipertensi adalah penyakit yang paling sering terjadi pada usia lanjut. Lomba senam lansia pemenangnya diraih oleh Desa Rambipuji.