Fakultas Keperawatan Terjunkan Mahasiswa Menjadi Relawan Banjir Kencong – Gumuk Mas.

Kamis, 27 Desember 2018 pembina UKM SNC dengan UKM Kandaga melakukan pengkajian pada daerah yang terkena banjir di pusat jebolnya tanggul daerah Kencong Kabupaten Jember. Ners Baskoro dan Ners Eka Afdi selaku pembina UKM melakukan investigasi daerah bencana yang terjadi dan ditemukan di daerah jebolnya tanggul sudah mulai mereda dan kondisinya sudah mulai stabil. Beberapa jalan pun sudah mulai dibuka dan bisa dilewati meskipun daerah sekitar jebolan tanggul masih perlu diawasi.


Akan tetapi, dampak dari jebolnya tanggul di daerah kencong berakibat pada daerah sekitarnya tepatnya pada daerah Kepanjen Kecamatan Gumuk Mas. Di daerah kepanjen tersebut setelah dikaji masih tergolong sangat parah, bahkan ketinggian air masih sampai lutut orang dewasa dan kebersihan lingkungan yang kurang baik. Sebagian masyarakat tidak mau mengungsi, sebagian ada yang memanfaatkan lokasi banjir dengan mencari ikan, sebagian ada yang mengungsi. Kondisi ini berdampak pada tingkat kesehatan masyarakat. Banyak masyarakat yang bermasalah dengan pencernaan seperti diare, penyakit kulit berupa gatal-gatal, dan hipertensi. Setelah melihat keadaan di lapangan yang cukup memprihatinkan, naka pembina UKM SNC dan UKM Kandaga berkoordinasi dengan Dekan dan Wakil Dekan 1 Fakultas Keperwatan Universitas Jember untuk menerjunkan Mahasiswa menjadi relawan kesehatan di lokasi bencana.


Setelah pelaporan ke pihak petinggi dari Fakultas Keperawatan, tidak lama kemudian terjadi kesepakat untuk menerjunkan mahasiswa untuk menjadi relawan di lokasi bencana dengan bekerja sama dengan pihak puskesmas dari Gumuk Mas dan berkoordinasi dengan kepala perawat Gumuk Mas yakni Ibu Neni. Kepala perawat Gumuk Mas menyambut dengan baik dan menyatakan bahwa masalah terbesar di lokasi bencana adalah kurangnya tenaga kesehatan sehingga kedatangan relawan tenaga kesehatan dari Fakultas Keperawatan ini sangat membantu dan disambut baik oleh puskesmas Gumuk Mas.


Penerjunan mahasiswa yang terlibat terdiri dari angkatan 2014, 2015, 2016 dan 2017, dari data yang dilaporkan oleh mahasiswa relawan tenaga kesehatan ditemukan bahwa jumlah pasien bervariasi dari 21 hingga 52 pasien dalam beberapa hari dengan pasien terbanyak adalah dewasa dan lansia, ditemukan keluhan yang sering didapati adalah hipertensi, gatal-gatal, diare, dan nyeri lambung. Dilaporkan telah terjadi kelahiran bayi yang dibantu oleh perawat yang sedang dinas. Selama proses penerjunan mahasiswa ke lokasi bencana banjir di kencong – Gumuk Mas.

UKM SNC dan UKM Kandaga menggerakkan seluruh lapisan mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Jember untuk melakukan penggalangan dana yang dilakukan di beberapa titik lampu merah di Jember. Dari hasil penggalangan dana tersebut akan disalurkan untuk korban bencana baik berupa obat-obatan, alas tidur, dan kebutuhan lainnya.

 

  

One thought on “Fakultas Keperawatan Terjunkan Mahasiswa Menjadi Relawan Banjir Kencong – Gumuk Mas.

Leave a Reply