TIM DOSEN FKEP UNEJ MENJADI RELAWAN KESEHATAN BENCANA LOMBOK

Jember, 16 September 2018. DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Jember menjadi tim relawan kesehatan gempa bumi di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTT), kegiatan ini dimulai tanggal 7 sampai 11 September 2018 Berangkat dari Jember pada hari Jum’at tanggal 7 September 2018 Pukul 23.30, jumlah anggota tim relawan sebanyak 16 orang dan dari FKep Unej sebanyak 2 orang yaitu Ns. Wantiyah, M.Kep., dan  Ns. Emi Wuri Wuriyaningsih, M.Kep., Sp.Kep.J.

Kegiatan dilaksanakan di beberapa titik pengungsian Di Kabupaten Lombok Timur (Pos pertama Desa Beriri jarak , Pos Kedua Desa labuan pandan , Pos ketiga desa Sugian, Pos ke empat Desa Darakunci) sedangkan Lombok Utara (Pos pertama Puskesmas Khayangan

Pos kedua Desa Dangian, Pos ketiga desa gondang timur ( gangga ), Pos ke empat di desa pemenang, Pos ke lima di desa penjalin). Adapun logistik yang di salurkan berupa:

  1. Pembagian logistik berupa sembako, makanan bayi, pampers, minyak kayu putih dan lain-lain
  2. Tim kesehatan melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan, edukasi bencana, edukasi pencegahan penyakit dipengungsian seperti diare, ISPA
  3. Tim trauma healing melakukan kegiatan menggambar, bernyanyi, bercerita.

 

Masalah utama yang dihadapi masyarakat saat itu adalah perasaan trauma  terutama anak-anak karena gempa masih terus berlangsung. Selain itu munculnya penyakit Karena masyarakat tinggal dipengungsian berupa tenda dari terpal sehingga jika Siang hari terasa sangat panas dan dimalam hari terasa dingin, masalah lainnya adalah keterbatasan fasilitas air dan MCK yang belum memadai seperti ISPA, diare.  

Tiga hari kegiatan masyarakat terlihat sangat antusias dan menikmati kegiatan demi kegiatan yang diadakan tim relawan kesehatan. Tim relawan akhirnya kembali ke jember pada hari selasa tanggal 11 September 2018. (kholid)

Leave a Reply