Seminar dan Workshop Nasional Keperawatan IPKKI Jawa Timur

Acara Seminar dan Workshop Nasional Keperawatan dengan tema “Aplikasi Terapi Komplementer dan Alternatif dalam Keperawatan Komunitas” diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Juli 2018 di Gedung Zaenuri Universitas Muhammadyah Jember.  Seminar dan workshop ini diikuti oleh kurang lebih 1200 peserta baik itu dari mahasiswa maupun umum, dan 29 peserta oral presentation dari berbagai institusi. Acara dimulai pukul 08.00 WIB yakni prosesi memasuki ruangan oleh Pengurus Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI) dan tamu undangan yang diiringi oleh Kebo Giro dari UKM Nutrixart Fakultas Keperawatan Universitas Jember, dilanjutkan dengan Tari Sorote Lintang dan Acara secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor tiga Universitas Muhammadyah Jember.

 

Menginjak acara inti yakni penyampaian materi pertama dan kedua yang disampaikan oleh Ns. Tantut Susanto, M.Kep., Sp.Kep.Kom., Ph.D tentang “Pekembangan terapi komplementer dan alternatif dalam keperawatan: Studi Evidance Based Practice di Jepang” dimana beliau merupakan dosen di Fakultas Keperawatan Universitas Jember dan materi kedua yang disampaikan oleh dr. Siti Nurul Qomariah, M. Kes tentang “Tata kelola dan kebijakan praktik mandiri keperawatan: analisis hasil pelaksanaan di Kabupaten Jember” dimana beliau merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Setelah acara diskusi panel satu selesai dolanjutkan oleh acara pelantikan pengurus IPKKI Provinsi Jawa Timur periode 2018-2023 yang di ketuai oleh Dr. Siti Nur Kholifah, SKM, M.Kep, Sp.Kom dan dilantik secara langsung oleh Ns. Riyanto, M.Kes, Sp.Kom yang merupakan ketua IPKKI Pusat dan disaksikan oleh Ns. H Asrah Joyo Widodo, S.Kep selaku ketua PPNI Kabupaten Jember.

Setelah acara pelantikan dilanjutkan ISHOMA dimana UKM Musik Nutrixart Fakultas Keperawatan Universitas Jember memberikan hiburan ditengah tengah acara. Tepat pukul 1 siang Diskusi Panel 2 berlangsung dengan materi yang disampaikan oleh Ns. Riyanto, M.Kes, Sp.Kom tentang Kebijakan Pemerintah terkait terapi komplementer dalam praktik keperawatan profesional” dan materi ke IV oleh Ns. Widyatuti, M.Kes., Sp.Kom (Doktor Keperawatan Candidate)  Menyampaikan materi tentang “Konsep dan dasar pemberian terapi komplementer dan alternatif dalam keperawatan di Indonesia” (Akupuntur dan Akupresur). Setelah acara diskusi panel dua selesai acara ditutup oleh Ibu Awatiful Azza, M.Kep. selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadyah Jember.

Setelah acara penutupan berlangsung kegiatan oral presentation digedung A lantai 2 Universitas Muhammadyah Jember dimana peserta dibagi kedalam 3 kelompok dan acara selesai tepat pukul lima sore. Acara ini terselenggara berkat kerja sama antara Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Fikes Universitas Muhammadiyah Jember, STIKES dr. Soebandi Jember, Prodi DIII Keperawatan Universitas Bondowoso dan STIKES Banyuwangi. (Kholid)

Leave a Reply