Leadership Character Building melalui Program LKMMTM di Fakultas Keperawatan Tahun 2018

Fakultas Keperawatan Universitas Jember kembali menyelenggarakan kegiatan rutin Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) pada hari Sabtu-Minggu, 10-11 Maret 2018 bertempat di gedung dekanat RK 6 dan di Halaman Fakultas Keperawatan. Kegiatan LKMM-TM kali ini mengangkat tema “Leadership is action not position” dengan harapan agar peserta memahami bahwa kepemimpinan adalah bukti kemampuan memimpin dalam bentuk tindakan, bukan hanya sebuah jabatan. Acara ini diikuti oleh seluruh Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang terdiri dari BEM, BPM, dan  Pengurus Harian UKM (NSC, KIK, NPC, Zoners, Kandaga, SNC, NutrixArt, Acromion).

LKMM-TM merupakan program kerja dari BEM FKEP UNEJ yaitu oleh Departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) bagian divisi kaderisasi yang bertujuan untuk untuk mengembangkan sikap kepemimpinan dan keterampilan manajemen mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu sebagai wadah menggali potensi generasi muda mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember, sebagai wadah pengembangan sumberdaya organisasi yang dipersiapkan sebagai kader pemimpin organisasi, dan membekali pengurus Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) Fakultas Keperawatan Universitas Jember untuk memahami wawasan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang kepemimpinan, managemen diri dan lingkungan guna membangun komunikasi dalam berorganisasi.

Acara LKMM-TM ini dibuka pada hari Sabtu dibuka pada pukul 08.30 WIB oleh Ns.Wantiyah, S.Kep., M.Kep selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Rangkaian acara dalam LKMM-TM ini adalah pemberian materi dimana diawali dengan materi pertama berjudul Kebijakan Bidang Kemahasiswaan yang disampaikan oleh Ns.Wantiyah, S.Kep., M.Kep samapi dengan pukul  10.30 WIB. Penyampaian materi kedua diberikan oleh Ns. Imam Sanusi S.Kep., MM.Kes., dengan materi Keprofesian Keperawatan.  Sebelum materi ketiga disampaikan ada waktu untuk ISHOMA dan Makan Siang. Pukul 13.30 WIB materi ketiga dengan tema Cinta Berkebangsaan-Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang disampaikan oleh perwakilan dari Kodim. Setelah penyampaian semua materi selesai acara ditutup dan dilanjutkan Makrab pada malam harinya.

Acara LKMM-TM pada hari Minggu dimulai pukul 06.00 bertempat di Halaman Fakultas Keperawatan. Acara dimulai dengan absensi dari semua peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan senam pagi dan sarapan bersama semua peserta. Setelah sarapan bersama acara outbound dimulai. Acara outbound ini diberikan oleh Tim Outbound. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok akan mamainkan dan memecahkan suatu game bersama yang bisa melatih kepemimpinan, kerjasama, kekompakan dan keterampilan mengkoordinasikan suatu kelompok. Setelah outbound selesai, acara dilanjutkan dengan evaluasi acara LKMM-TM dan dilanjut dengan penutup beserta foto bersama.

           

 

 

Leave a Reply