Gali Potensi Kreatifitas Mahasiswa melalui workshop PKM

Workshop PKM merupakan serangkaian kegiatan mahasiswa yang dilakukan setiap tahun diberbagai universitas di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Sabtu, 14 April 2018 dan Minggu, 15 April 2018 dengan tema “Gali Potensi, Raih Prestasi! FKEP UNEJ GO TO PIMNAS!. Pada hari Sabtu, 14 April 2018 diadakan presentasi 10 terbaik dari peserta workshop PKM. Acara dilakukan di Gedung Dekanat Ruang Kuliah 6 Lantai 2 Falkultas Keperawatan dan dimulai pukul 07.00 sampai 11.00 WIB. Juri dalam presentasi 10 terbaik yaitu Ns. Emi Wuri Wuryaningsih, M. Kep., Sp.Kep.J, Ns. Retno Purwandani, M.Kep., dan Ns. Nur Widayati, M.N.

Kemudian  hari minggu, 15 April 2018 kegiatan dilanjutkan di Gedung PKM. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 07.00 sampai 14.45 WIB. Rangkaian acara ini yaitu dasar-dasar PKM, motivasi mengikuti kegiatan PKM, cara sukses menjalani PKM sekaligus pengumuman 3 terbaik dari 10 besar terbaik. Seleksi PKM fakultas keperawatan sangat ketat karena dimulai dari jumlah kelompok mahasiswa yaitu sebanyak 48, diseleksi menjadi 10 terbaik kemudian diambil 3 terbaik dari seluruh peserta yang mengikuti workshop PKM. Dalam acara ini ada beberapa penyampaian materi dari Dr.Supeno, S.Pd, M.Si., Dr. Iis Asyiah, S.P.,M.P. dan Muhammad Athok Fitriansyah, S.Kep., NS. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman 3 tim terbaik.

Pada dasarnya PKM digolongkan menjadi PKM-M (PKM- Pengabdian kepada masyarakat), PKM-K (PKM- Kewirausahaan), PKM-KC (PKM- Karsa cipta), PKM-P (PKM- Penelitian) dan PKM-T (PKM- Teknologi). Dalam pengumuman peserta terbaik diperoleh oleh kelompok 9 (PKM-M) dengan judul “STOP IAD (Internet Addict Disorder) melalui GTK (Gerakan Teman Bermain Karang Taruna) MASA (Taman Desa) sebagai upaya penanganan KESWA (Kesehatan Jiwa) pada anak “. Peserta terbaik kedua diperoleh oleh kelompok 11 (PKM-KC) dengan judul “APPETITE PLASTER”. Peserta terbaik ketiga diperoleh oleh kelompok 33 (PKM-M) dengan judul “PARTI (Parenting Holistic) : Optimalisasi perenting holistic untuk meningkatkan karakter anak usia dini di lingkungan prostisusi Puger Jember Jawa Timur”.

Menurut Aris Munandar selaku ketua panitia, tujuan diadakannya workshop PKM adalah menumbuhkan nalar pikir mahasiswa menuju progresivitas sumber daya manusia serta mewujudkan generasi muda yang mempunyai daya saing ilmiah dan mandiri; mencari sumber daya manusia unggul; meningkatkan kualitas academic knowledge, skill of thing, management skill dan communication skill generasi muda agar siap terjun di masyarakat; mengembangkan sikap kreatif, inovatif dan kompetitif pada generasi muda khususnya mahasiswa; mewujudkan generasi yang memiliki kemampuan akademik yang profesional dalam bidang ilmu pendidikan yang berguna untuk masyarakat bangsa dan negara. Adapun Harapan kegiatan ini dapat mengembangkan dan meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa untuk membuat artikel ilmiah atau karya tulis ilmiah.

Leave a Reply