Pelaksanaan Diklat Kegawat Daruratan Oleh UKM Kandaga 2018

Sabtu, 7 April 2018 UKM KANDAGA Fakultas Keperawatan UNEJ mengadakan kegiatan rutin Diklat yang merupakan proses belajar mengajar dalam meningkatkan kemampuan melaksanakan tugas yang efektif dan efisien. Tahun ini, Diklat UKM KANDAGA mengambil tema “save one life, save a future world” yang mengandung harapan dapat terbentuknya karakter yang siap siaga dalam segala hal, terutama dalam bidang kegawatdaruratan dan kebencanaan, sehingga dapat menyelamatkan satu nyawa yang kemudian akan juga menyelamatkan masa depan dunia kelak. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar terbentuknya karakter anggota baru UKM KANDAGA yang dapat berguna bagi masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari yang diawali dengan senam pagi, dilanjutkan dengan pembukaan, materi, simulasi, game dan diakhiri dengan penutupan. Senam pagi berjalan dengan peserta yang cukup antusias dalam mengikuti setiap gerakan yang dicontohkan oleh panitia. Pembukaan diisi dengan sambutan oleh ketua panitia, ketua UKM Kandaga, Ns Rismawan Adi Yunanto, yang kemudian dibuka oleh Bapak Rahmat selaku Ketua TU yang mewakili dekan Fakultas Keperawatan UNEJ yang berhalangan untuk hadir.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang Basic Life Support dan Triase Kegawatdaruratan yang diisi oleh Ns Rismawan Adi Yunanto dan materi tentang transportasi serta pembalutan dan pembidaian oleh Ns Dicky Endrian Kurniawan. Selain menyampaikan materi dalam bentuk slide, pemateri juga memberikan praktik yang cukup menarik. Peserta diklat mendengarkan materi yang disampaikan dengan serius dan antusias dalam mengikuti praktik yang diberikan oleh pemateri.

Simulasi pada diklat UKM Kandaga kali ini yaitu tentang bagaimana alur penanganan medis ketika terjadi bencana gempa bumi. Dalam simulasi, peserta dibentuk menjadi beberapa tim yang dibagi untuk bertugas pada beberapa titik yang telah disiapkan. Simulasi kebencanaan ini dirancang agar serupa dengan bencana yang terjadi secara nyata.  

 

 

Peserta terlihat antusias dengan jalannya simulasi, meskipun masih banyak peserta yang bingung dalam memberikan penanganankepada korban bencana. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan game singkat yang menguji daya ingat peserta atas materi yang telah disampaikan oleh pemateri. Penutupan menjadi akhir dari kegiatan Diklat UKM Kandaga 2018 yang ditutup oleh Ns Rismawan Adi Yunanato dan Ketua UKM Kandaga dengan harapan agar ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan diterapkan dalam wakru yang akan datang.

Leave a Reply