PSIK SELENGGARAKAN KOMPETISI KEPERAWATAN BERSKALA NASIONAL

Jember, 18 November 2017,
Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember, kembali mengadakan rangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dengan mengadakan event tahunan berskala nasional, yakni BNSC (Basic Nursing Science Competition ), yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 18 November 2017 bertempat pada Gedung Soetardjo, Universitas Jember.

Event ini menjadi ajang kompetisi dari lembaga perguruan tinggi yang ada di indonesia, untuk mengasah kemampuan ketrampilan dan pengetahuan mahasiswa di bidang keperawatan . Acara ini di buka oleh PLH Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember, Murtaqib, M.Kep. dalam sambutannya beliau mengungkapkan pentingnya kompetisi semacam BNSC ini untuk  mengasah ketrampilan dan pengetahuan mahasiswa, dibidang keperawatan, dan bagi lembaga pendidikan keperawatan selain dapat dipergunakan sebagai tolok ukur sampai sejauh mana pengembangan keilmuan dan keahlian di bidang keperawatan, tetapi juga dapat dipergunakan sebagai penyambung tali silahturahmi antar perguruan tinggi penyelenggara pendidikan keperawatan.

Perwakilan PPNI Jember yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Ns. Mustaqim, S.Kp,.M.Mkes mengungkapkan bahwasannya peningkatan skill and knowledge melalui ajang kompetisi ini akan berimplikasi positif bagi lembaga pendidikan keperawatan dalam rangka mencetak bibit-bibit perawat unggulan di masa yang akan datang. melalui program link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja keperawatan, dengan cara mendekatkan mahasiswa dalam menghadapi kasus-kasus yang sering terjadi di dunia keperawatan.  

Nilam Ganung P.M. dalam sambutannya mengungkapkan bahwasannya event tahunan BNSC ini mendapatkan animo yang bagus dari peserta baik dari jawa maupun luar jawa, hal ini ditandai dengan adanya perwakilan dari Kalimantan, dan jakarta, yang pada kali ini, dari jakarta diwakili oleh Universitas Indonesia, Jakarta, dan Universitas Syarif Hidayatullah, Jakarta.  tak kurang sebanyak 74 tim yang turut berlomba dalam ajang tahunan bergengsi ini. 

Kompetisi ini terdiri dari 2 ujian utama, yakni pengetahuan secara teori, dan kemampuan secara skill lab, yang diuji melalui uji test pada lab keperawatan psik universitas jember, setelah melalui beberapa babak penyisihan maka keluar sebagai juara pertama adalah tim dari STIKES KATOLIK Vincentius A Paulo Surabaya, dan sebagai Runner-up tim tuan rumah  PSIK Universitas Jember, sedangkan juara III diraih oleh Universitas Syarif Hidayatullah, Jakarta.

 

  

 

 

 

Berikut merupakan hasil dari kompetisi BNSC 2017 yang berakhir kemarin…. 

Juara Nama TIM Asal
Juara I STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo  Surabaya
Juara II PSIK Universitas Jember Jember
Juara III Universitas Syarif Hidayatullah  Jakarta
Juara Harapan I PSIK Universitas Brawijaya Malang
Juara Harapan II Stikes Muhammadiyah Lamongan Lamongan

(rizki,2017)

 

Leave a Reply