News

BEM PSIK UNIVERSITAS JEMBER GELAR WORK SHOP PKM TAHUN 2017

 

Jember 27 April 2017 Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM merupakan bentuk kongkrit dari tertuangnya ide-ide kreatif mahasiswa. Minat mahasiswa kepada penulisan PKM dirasa perlu dikembangakan, guna menumbuhkan  kreativitas serta daya kompetisi karya tulis mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan  diranah nasional. Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset dan Program Studi Ilmu Keperawatan memiliki  keinginan yang sama yaitu untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, BEM Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember mengadakan sebuah kegiatan berupa Workshop PKM.

Kegiatan Workshop PKM ini, berusaha memberikan motivasi dan teknik penulisan PKM yang berkualitas kepada mahasiswa, dengan tema “Be Creative Be Innovatif Hidupkam Dunia Ilmiahmu melalui PKM” Kegaiatan workshop PKM ini, bertempat di Rektorat lantai tiga dan dibuka oleh Sekretaris bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ns. Rondiyantho, S.Kep. M.Kep..Si . Kegaiatan ini  di hadiri oleh 152 orang peserta. Jumlah tersebut telah melampaui target dari panitia yaitu 100 orang peserta.

Selain itu kegiatan ini terdiri dari empat sesi dengan menghadirkan beberapa pembicara yang berkompeten di bidang penulisan ilmiah. Drs. Sujito Ph.D menjadi pembicara pada sesi pertama dengan tema Pemilihan Ide dalam penyusunan Proposal PKM, pembicara kedua adalah Dr. Iis Asyah, S.P.M. dengan tema Penulisan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa dan Pembicara terakhir yaitu Ns. Muhammad Athok Fitriyansyah. S.Kep. dengan materi Riview PKM pada Sesi ini diharapkan setelah peserta termotivasi untuk menulis, peserta juga mengetahui teknik penulisan PKM agar dapat lolos dalam Pekan ilmiah nasional atau lomba-lomba penulisan ilmiah lainnya.

Workshop PKM ini tidak hanya sekedar memberikan materi kepada peserta tetapi  terdapat pula  praktek penulisannya. Pada sesi ketiga, seluruh peserta workshop diberikan kesempatan untuk menuangkan ide kreatif mereka dalam bentuk tulisan. Tulisan ini merupakan sebuah simulasi atau kerangka perfikir sebelum membuat sebuah PKM. Format penulisannya meliputi jenis PKM, permasalahan yang ada hingga solusi yang ditawarkan oleh penulis. dan merupakan sharing pengalaman dengan pemenang mahasiswa dari Program Studi Ilmu Keperawatan yang menjadi pemenang Pimnas tahun lalu.

Kegiatan workshop PKM ini dapat dikatakan cukup sukses, melihat antusias peserta yang tinggi terhadap kegiatan ini. Melalui kegiatan ini pula, setidaknya dapat diketahui betapa besar potensi para peserta khususnya dalam penulisan PKM. Hal ini dapat dilihat dari hasil praktek penulisan ilmiah yang menghasilkan tulisan-tulisan dengan ide yang kreatif dan solutif. Suksesnya kegiatan workshop PKM ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset PSIK Universitas Jember. Kegiatan ini menjadi seebuah langkah awal untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Outputnya adalah semakin banyak mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan yang mengikuti lomba-lomba penulisan ilmiah seperti pimnas dan Program Studi Ilmu Keperawatan dapat lolos  menjadi juara pimnas berikutnya. (satar)