PSIK UNIVERSITAS JEMBER MENGADAKAN PELATIHAN PERAWAT CILIK (PERCIL)

PSIK UNIVERSITAS JEMBER MENGADAKAN PELATIHAN PERAWAT CILIK (PERCIL)

percil-3 Disaat yang bersamaan dengan pelaksanaan Nursing Sport di PSIK. Unej, BEM PSIK UNEJ juga mengadakan sosialisasi mengenai masalah kesehatan dan keperawatan, melalui program Perawat Kecil yang Riang dan Cinta Kesehatan, kegiatan ini dilaksanakan di SDN. Candi Jati  Arjasa,. kegiatan ini bertujuan memberikan penyuluhan mengenai masalah keperawatan pada anak kecil, sehingga diharapkan adik adik SD candijati arjasa lebih peduli pada masalah kesehatan sejak dini dan cara menjaga kesehatan baik pada diri mereka sendiri maupun pada lingkungan sekitar pada khususnya

percil-2Jumlah keseluruhan siswa-siswi kelas 3, 4 dan 5 SDN. Candi Jati  Arjasa Kabupaten Jember  sebanyak 64 anak. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, dari 5 siswa dan 2 guru yang diwawancari, 7 siswa mengaku tidak dapat menggunakan fasilitas dan kurang mendapat pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada saat sakit di sekolah, dan guru yang ada di sekolah tersebut mengatakan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang ada tidak dapat berjalan dengan semestinya karena keterbatasan fasilitas dan juga sumberdaya siswanya yang kurang memenuhi.

percil-1Kurangnya pemanfaatan dari fungsi Usaha Kesehatan Sekolah merupakan suatu masalah yang penting bagi kenyamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah. Fasilitas yang kurang memadai sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bagi warga sekolah terutama para guru dan siswanya, untuk mengadakan perbaikan dan pemenuhan fasilitas tersebut, sehingga pada saat pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diperlukan dan dibutuhkan mampu memberikan suatu tindakan atau pelayanan yang sesuai dengan yang diharapkan.

Pemeliharaan kesehatan sekolah untuk tingkat sekolah dasar, dimaksudkan untuk memelihara, meningkatkan dan menemukan secara dini gangguan kesehatan yang mungkin terjadi terhadap peserta didik maupun gurunya..

Lingkungan sekolah yang dimaksud dalam program usaha kesehatan sekolah untuk tingkat sekolah dasar meliputi lingkungan fisik, psikis dan sosial. Kegiatan yang termasuk dalam lingkungan fisik berupa pengawasan terhadap sumber air bersih, sampah, air limbah, tempat pembuangan tinja, dan kebersihan lingkungan sekolah. Kantin sekolah, bangunan yang sehat, binatang serangga dan pengerat yang ada dilingkungan sekolah, pencemaran lingkungan tanah, air dan udara di sekitar sekolah juga merupakan bagian dari lingkungan fisik sekolah.

Kegiatan yang dilakukan berhubungan dengan lingkungan psikis sekolah antara lain memberikan perhatian terhadap perkembangan antar peserta didik, memberikan perhatian khusus terhadap anak didik yang bermasalah, sehingga dapat terjalin hubungan kesetiakawanan antar peserta didik. Sedangkan kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan sosial meliputi membina hubungan yang harmonis, guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, serta membina hubungan yang harmonis antara guru, murid, karyawan sekolah serta masyarakat sekolah.

Edukasi dan pendampingan kegiatan pendampingan ini dilakukan kepada sasaran mulai dari pemaparan materi, pengenalan, serta cara bagaimana melakukan tindakan pertolongan pertama. Kegiatan pendampingan juga bermanfaat untuk mencapai persamaan persepsi antara mahasiwa pelaksana program dengan peserta sasaran tentang informasi yang diberikan dan pelatihan yang telah dilakukan. Pendampingan sangat bermanfaat bagi pelaksana program untuk memastikan program dilaksanakan dengan baik, dan peserta menyerap informasi dengan benar sehingga dapat mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya sanget apresiasi sekali pada kalian semua di sela sela kesibukan saudara kuliah masih sempat mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan pada anak anak sekolah dan inilah yang menjadikan saya bangga pada kalian” ujar Ns. Lantin Sulistyirini, S.Kep.M.Kes ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember dalam sambutannya secara terpisah.

acara ini di buka oleh sektretaris III PSIK Unej Ns.Rondhianto.S.Kep.M.Kep. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasaanya tujuan dari pelaksanaan event ini adalah untuk melatih perawat perawat cilik di Sekolah Dasar sehingga nantinya ada motivasi menjadi seorang perawat yang handal. (satar)

Leave a Reply