News

PSIK LAUNCHING NURSELINE JOURNAL EDISI PERTAMA

 

 

jurnal

NurseLine Journal  merupakan media ilmiah yang dapat digunakan untuk meregistrasi, mendiseminasi, dan mengarsipkan karya penelitian tenaga pendidik, tenaga PLP maupun tenaga Kependidikan. Karya yang dipublikasikan dalam jurnal ini secara tidak langsung diakui sebagai karya kecendekiawanan penulis dalam bidang keperawatan. Artikel antara lain meliputi sub bidang keperawatan dasar, keperawatan dewasa, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan gerontik, keperawatan keluarga, keperawatan komunitas, manajemen keperawatan, dan pendidikan keperawatan. Jenis artikel yang diterima redaksi adalah hasil penelitian. Penulisan setiap jenis artikel harus mengikuti petunjuk penulisan

PANDUAN PENULISAN NASKAH NurseLine Journal

NurseLine Journal menerima naskah asli yang belum pernah diterbitkan di dalam maupun di luar negeri. Naskah berupa hasil penelitian dan tinjauan pustaka (literature review) yang bermanfaat untuk menunjang kemajuan ilmu, pendidikan, dan praktik keperawatan profesional. Naskah ditulis berbahasa Indonesia atau berbahasa Inggris secara efektif. Naskah disusun sesuai sistematika berikut:

  1. Judul

Judul harus spesifik, efektif, baku, lugas, dan jelas menggambarkan isi pokok tulisan serta ditulis tidak lebih dari 14 kata dalam tulisan berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris. Judul berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris ditulis memakai huruf besar dengan posisi center text.

  1. Nama Penulis dan Alamat Lembaga

Nama penulis ditulis secara baku dan lengkap tanpa gelar. Alamat lembaga ditulis secara baku dan lengkap serta penunjukan alamat korespondensi dilengkapi kode pos dan e-mail.

  1. Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak ditulis berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris yang isinya utuh dan lengkap menggambarkan esensi isi keseluruhan artikel dalam satu paragraf meliputi: latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan diskusi (introductions, methods, results, and discussions). Kata kunci (keywords) sebanyak 3-5 kata yang mencerminkan konsep penting yang terkandung dalam artikel. Jumlah kata dalam abstrak tidak melebihi 250 kata.

  1. Pendahuluan

Berisi penjelasan secara sistematis tentang: masalah penelitian, skala masalah penelitian, kronologis masalah penelitian, dan solusi masalah penelitian.

  1. Metode

Berisi penjelasan secara sistematis tentang: jenis penelitian, rancangan atau desain, populasi, tehnik pengambilan sampel, besar sampel, karakteristik responden, waktu, tempat, instrumen yang digunakan, prosedur pengambilan data, dan uji analisis statistik.

  1. Hasil

Berisi penjelasan tentang data hasil penelitian berkaitan dengan tujuan penelitian disertai dengan tabel, gambar, grafik, dan diagram.

  1. Pembahasan

Berisi penjelasan tentang arti hasil penelitian berdasarkan fakta, teori, dan opini.

  1. Simpulan

Simpulan berisi mengenai jawaban dari tujuan penelitian tanpa menyajikan angka.

  1. Saran

Merupakan pendapat atau usulan atau anjuran yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Saran mengacu pada simpulan penelitian.

  1. Kepustakaan

Sumber pustaka disusun menurut Harvard system meliputi artikel hasil penelitian dan artikel ilmiah lain misalnya:

Brodaty, H., Low, L.F., Gibson, L., & Burns, K. 2006. What is the Best Dementia Screening Instrument for General Practitioners to Use?. American Journal of Geriatric Psychiatry. 14(5), 391-400. [Online]. http://www.neurologyinstitute.com/about/press…/national-memory-screening-da. Diakses 5 November 2012.

Melillo, K.D., & Houde, S.C. 2011. Geropsychiatric and Mental Health Nursing. 2nd ed. Canada: Jones & Bartlett Learning.

Miller, C.A. 2009. Nursing for wellness in older adults. 5th Edition ed. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

NurseLine Journal terbit 2 nomor dalam 1 tahun (Mei-Oktober dan Nopember-April). Naskah dikirim ke redaksi NurseLine Journal melalui e-mail: nurseline.unej@gmail.com. Ukuran kertas A4 (210 x 297 mm), jarak 1 spasi, font 11 times new romans, batas kertas masing-masing 2,5 cm dari tepi kiri, bawah, kanan, dan atas. Naskah minimal sebanyak 15 halama

Dengan susunan pengurus NurseLine Journal

Penanggung Jawab:

Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep.,M.Kes

Pengarah:

Ns. Wantiyah, S.Kep.,M.Kep

Murtaqib, S.Kp.,M.Kep

Ns. Rondhianto, S.Kep.,M.Kep

Redaktur:

Ns. Nur Widayati, S.Kep.,MN

Ketua Penyunting:

Ns. Kushariyadi, S.Kep.,M.Kep

Penyunting Pelaksana:

Ns. Jon Hafan Sutawardana, S.Kep.,M.Kep.,Sp.Kep.,MB

Ns. Ahmad Rifai, S.Kep.,M.S

Ns. Muhamad Zulfatul A’la, S.Kep.,M.Kep

Ns. Peni Perdani Juliningrum, S.Kep.,M.Kep

Administrasi:

Ika Noviana, A.Md

Fandi Ahmad, SE

Alamat Redaksi:

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember

Jl. Kalimantan No. 37 Kampus Bumi Tegal Boto, Jember 68121

Telp./Fax. (0331) 487145 – (0331) 323450

e-mail: nurseline.unej@gmail.com

Penerbit:

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember Bekerjasama Dengan

Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Jember