400 ORANG MENGIKUTI UJIAN KOPETENSI NERS (UKOM NERS) DI PSIK UNEJ.

UJIAN KOPETENSI NERS (UKOM NERS)

Jember,2 April 2016 – Uji kompetensi perawat yang dijadikan sebagai exit exam (syarat kelulusan perguruan tinggi) oleh direktorat jendral pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Dikti) kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

suasana ujian kom ners

Suasana Ujian Komptenesi Ners (UKOM NERS)

UKOM Ners merupakan kesadaran bahwa legalitas uji kompetensi seorang Ners harus lulus ujian kopetensi  sehingga sangat diperlukan untuk mengukur keberhasilan sistem pendidikan keperawatan Sehubungan dengan hal tersebut, maka uji kompetensi dilakukan untuk melakukan  pemetaan kualitas dan pembinaan.

Mengacu pada peraturan menteri kesehatan (PMK) Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Registrasi Tenaga Kesehatan adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi. Uji kompetensi dilakukan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi yang kemudian sebagai syarat mendapatkan surat tanda registrasi (STR) yang dikeluarkan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI).

Berdasarkan Permenkes tersebut PSIK telah di tunjuk oleh panitia pusat untuk melaksanakan UKOM NERS di wilayah Jawa Timur dan pelaksanakannya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Profesi Ners periode 2-3 April 2016, dan pendaftaran sudah dimulai sejak tanggal 2 – 16 Februari 2016. Dengan persyaratan peserta sebelum melakukan pendaftaran, data calon peserta harus sudah ada di dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) valid dan sesuai dengan ijazah (jika sudah lulus) atau Akte Kelahiran dan Kartu Mahasiswa (jika belum lulus).

UKOM NERS PSIK UNEJ kali ini diikuti oleh 400 orang ners dari 7 institusi Keperawatan (PSIK Unej, FIKES Unmuh Jember, FIKES Universitas Bakti Indonesia, STIKES Surya Mitra Husada Kediri, STIKES Banyuwangi, STIKES Nahdlatul Ulama Tuban dan STIKES Nurul Jadid Paiton Probolinggo) dan ujian dilaksanakan 4 sesi.

Pelaksanaan ujian di awasi oleh pengawas pusat dan di bantu oleh pengawasan daerah yang telah di tunjuk yaitu dosen PSIK Unej. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan hikmat.

Dalam sambutannya ketua PSIK Unej. Ns. Lantin Sulistyirini.S.Kep.M.Kes mengatakan kami sangat berterima kasih kepada panitia Pusat karena kami masih di percaya untuk melaksanakan UKOM Keperawatan kali ini  dan ini merupakan kebanggaan kami dengan 400 orang peserta dari 7 Institusi Keperawatan selain itu kami juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama antara PSIK Unej. dengan Institusi Keperawatan se Jawa Timur selama ini sehingga UKOM bisa berjalan dengan lancar ujar Lantin. (satar/m3tr0)

Leave a Reply