News

PSIK UNEJ GELAR SUMPAH DAN LANTIK NERS BARU

Pelantikan Ners Periode I Tahun 2016

Jember 1 April 2016, PSIK Universitas Jember, mengadakan acara pengambilan Sumpah dan Pelantikan Program Studi Profesi Ners angkatan ke-16, di Gedung Soetarjo Universitas Jember  dengan demikian PSIK telah meluluskan 325  orang ners.

Pelantikan Ners Periode I Tahun 2016
Pelantikan Ners Periode I Tahun 2016

Dalam sambutannya, perwakilan Pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) wilayah Jatim , Nrs. Zulkifli, S.Kep. M. Kes, menyampaikan “Ada tiga hal penting yang perlu saya ingatkan, pertama saat para ners mengucapkan sumpah tadi, salah satunya harus bersedia mentaati dan melaksanakan Kode Etik Keperawatan Indonesia. Kedua, para ners yang baru dilantik jangan takut dengan MEA yang sudah didepan mata, dengan masuknya perawat asing ke Indonesia tidak bisa kita cegah lagi, tidak ada jalan lain kecuali saudara harus siap mempersiapkan diri dengan baik agar mampu berkompetisi dengan perawat dari luar. Ketiga, saat ini Undang-undang No. 38/ 2014 tentang keperawatan telah disyahkan, salah satu pasal adalah pasal 18 disebutkan bahwa perawat yang menjalankan praktik keperawatan wajib memiliki STR yang merupakan salah satu syarat legalitas dalam menjalankan praktik keperawatan”.

Sedangkan Ketua PSIK Unej ., Ns. Lantin Sulistyorini, S. Kep., M. Kes. Menambahkan, lulusan ini bersamaan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Persaingan bebas sudah dimulai, perawat adalah salah satu dari 8 profesi tenaga kesehatan (selain dokter dan dokter gigi) yang terkena kebijakan pasar bebas yang tertuang dalam mutual recognition arrangement (MRA). MRA masing-masing profesi telah menetapkan standart dan kompetensi yang diperlukan dikancah ASEAN.

“Kesempatan MEA hanya dapat dinikmati tenaga kerja (perawat) yang berpendidikan dan memiliki kompetensi keahlian yang berdasarkan kebutuhan pasar kerja MEA. Ini adalah tantangan tersendiri bagi ners baru, gelar ners dan juga kompetensi keahlihan serta sertifikasi yang sudah diperoleh selama belajar di kampus ini, jangan mudah berpuas diri”, tambahnya.

Sebelumnya para ners telah menempuh proses belajar mengajar tahap profesi selama 14 bulan dimulai sejak bulan Januari 2015 dan berakhir 6 Maret 2016.

Suasana penyumpahan pun terasa lebih hangat saat dihadiri, perwakilan DPW PPNI Jawa Timur yang  menyampaikan harapannya agar lulusan ners baru dapat sukses dalam uji kompetensi Nasional dan minimal ada satu yang terbaik dari 10 rangking DPW hasil dari uji kompetensi nasional. Kemudian, lulusan ini dapat berhasil dalam hal penyerapan kerja.

Turut hadir juga, Pembantu Rektor Universitas Jember Dr. Zulfikar, memberikan ucapan selamat kepada ners yang baru dilantik serta mengapresiasi PSIK Universditas Jember untuk terus berupaya agar bisa membuktikan diri sebagai perguruan tinggi yang dikenal di Indonesia dan Internasional dan pertahankan akreditasi kalau bisa Akreditasi  A beliau akan menjamin mahasiswa PSIK yang mau belajar di luar negeri akan diberikan dana penuh (satar/m3tr0_edit)