News

MAHASISWA PSIK IKUT MENJADI RELAWAN PEKAN IMUNISASI POLIO NASIONAL 2016

RELAWAN PEKAN IMUNISASI POLIO NASIONAL 2016

Jember 7 Maret 2016 Sebanyak 60 mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember rame-rame ikut berpartisipasi menjadi relawan PIN Polio 2016 mahasiswa tersebut tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Jember  sedangkan dalam kota di pusatkan di beberapa titik keramaian antara lain di Pasar pasar, Pertokoan ( Roksi, GM dan Matahari) Stasiun Kereta Api, hal ini berkat kerjasama antara Dinas Kesehatan Jember dengan institusi Pendidikan keperawatan termasuk PSIK.Universitas Jember Pelayanan PIN Polio dapat diperoleh di Puskesmas, Posyandu, Mobile Pos, Tempat-tempat Umum, dan Rumah Sakit negeri maupun swasta.

pin 2016

PIN Polio dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama sepekan mulai tanggal 8-15 Maret 2016 dengan sasaran semua anak usia 0-59 bulan tanpa memandang status imunisasinya. Sedangkan waktu pelayanan PIN Polio di masing-masing Pos PIN mulai pukul 08.00 s.d. 12.00.

Secara Tepisah Ns. Lantin Setyorini, S.Kep. M.Kes  Ketua PSIK Universitas Jember menjelaskan bahwa secara umum Imunisasi merupakan upaya pencegahan penyakit yang terbukti sangat cost effective. Banyak kematian dan kecacatan yang disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada kelompok sasasran imunisasi untuk mendapatkan imunisasi polio tanpa memandang status imunisasi yang dilakukan berdasarkan hasil evaluasi program dan kajian epidemologi. Secara umum Imunisasi polio mempunyai tujuan umum PIN pada akhir tahun 2020. Selain tujuan umum, terdapat pula tujuan khusus PIN, yaitu memastikan tingkat imunitas terhadap polio di populasi (herd immunity) cukup tinggi dengan cakupan > 95% dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio.

Imunisasi yang diberikan berupa vaksin polio tetes sebanyak 2 tetes. Diharapkan kepada semua lintas sektor dan program dapat mendukung dan mensukseskan kegiatan PIN Polio ini secara aktif dengan cara menyampaikan dan mengajak semua sasaran anak umur 0-59 bulan untuk dating ke Pos PIN terdekat dan diimunisasi pada tanggal 8-15 Maret 2016 sehingga target >95% dapat tercapai.

Sedangkan Bupati Jember Dr. Faida, MMR dalam kunjungannya di Statsiun Kereta Api Jember mengatakan Kami berharap kegiatan PIN kali ini dapat memberikan manfaat nyata bagi Indonesia untuk mempertahankan status bebas polio dan mewujudkan dunia bebas polio pada tahun 2020 mendatang,” Dia mengatakan, setiap anak balita di seluruh Indonesia wajib diberi imunisasi tambahan polio, agar kebal terhadap penyakit polio. dengan imunisasi polio, kita ingin menciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas yang bebas dari cacat tubuh karena penyakit polio,” tegasnya. (satar)

Photo Gallery…..